D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

My Photo
Do it before it is too late.

Pengikut

Blog Archive

Labels

Program Kepramukaan di SD Inpres Biopis | SM-3T | SD Inpres Biopis


Gugus Depan Pramuka SD Inpres Biopis

  Penyampaian Materi Peraturan Baris Berbaris Permainan Pramuka Siaga
 Permainan Pramuka Siaga Permainan Pramuka Siaga
 Permainan Pramuka Siaga


Sebagai guru kami tidak hanya menjalankan kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler di SD Inpres Biopis, akan tetapi kami juga harus menjalankan kegiatan ektrakurikuler. Salah kegiatan ektrakurikuler yang kami berdua jalankan adalah Kegiatan Kepramukaan, kegiatan ini kami rutin laksanakan di SD Inpres Biopis. Sebagian besar peserta didik di SD Inpres Biopis sepertinya sudah familiar ketika mendengar istilah Pramuka, ternyata Kegiatan Kepramukaan ini sudah berjalan sebelumnya di SD Inpres Biopis yang sebelumnya di prakarsai oleh Guru SM-3T Angkatan V. 

Kamipun sebagai Guru SM-3T Angkatan VI selain membangun dan mengembangkan program baru di sekolah kami juga tetap melanjutkan program-program yang seblumnya sudah berjalan di SD Inpres Biopis. Karena kegiatan kepramukaan ini sudah berjalan sebelumnya di SD Inpres Biopis, kami tinggal melanjutkan saya. Pertama tama kami memulai kegitan pramuka ini dengan mencoba mengobservasi sejauh mana pemahaman peserta didik tentang kepramukaan, dari hasil obreservasi inilah kami dapat melakukan evaluasi untuk menentukan dari mana kita mulai melaksanakan program kepramukaan di SD Inpres Biopis.

Saya dengan rekan saya Ridwan sepakat untuk memulai kembali dari awal dengan tujuan untuk mengulas dan memperkuat pemahaman peserta didik mengenai kepramukaan. Sebenarnya perlu kami beritahukan, kamipun sebagai Guru SM-3T Angkatan VI tidak terlalu paham atau mahir mengenai kepramukaan ini, akan tetapi sebagai guru kita juga belajar mengenai kepramukaan walaupun tidak sampai mendalam. Kita juga mempunyai beberapa sumber pembelajaran kepramukaan yang akan di jaidkan acuan kami dalam menjalankan kegiatan kepramukaan di SD Inpres Biopis. 

Walaupun pemahaman atau kemahiran kami dalam kepramukaan tidak terlalu baik, ini tidak menjadi alasan atau halangan bangi kami untuk tetap dan terus menjalankan kegiatan kepramukaan di SD Inpres Biopis. Kami berdua selalu mempelajari terlebih dahulu materi kepramukaan sebelum mengajarkan mengenai kepramukaan kepada peserta didik, supaya kami tidak salah juga dalam menyampaikan materi kepramukaan.

Kegiatan kepramukaan ini dilaksanakan di dalam dan diluarkelas jika cuacanya mendukung seluruh kegiatan kepramukaan pasti kami jalankan di lapangan, jika cuacanya kurang mendukung kami tentunya melaksanakan kegiatan kepramukaan ini di dalam kelas. Kegiatan kepramukan di SD Inpres Biopis tidak di ikuti oleh seluruh peserta didik, karena keterbatasan SDM, guru-guru SD Inpres Biopis yang lainnya menyerahkan sepenuhnya kepada kami. Karena jumlahnya peserta didik di SD Inpres Biopis banyak kamipun juga tidak terlalu menguasai mengenai materi kepramukaan. Kita sepakat hanya kelas IV, V dan VI yang harus dan wajib mengikuti kegiatan ektrakurikuler kepramukaan di SD Inpres Biopis. 

Tujuan kegiatan kepramukaan di SD Inpres Biopis pada umumnya sama selain sebagai wajud dari penguatan pendidikan karakter juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme peserta didik, rasa cinta kasih peserta didik terhadap bangsa dan negara Indonesia. Karena kami membawa seragam pramuka dari Bandung tentunya kamipun ketika pelaksanaan kegiatan kepramukaan ini selalu memakai seragam dengan atributnya pramuka walupun tidak lengkap. 

 Kegiatan kepramukaan di SD Inpres Biopis dilaksanakan satu kali dalam seminggu yaitu setiap hari Sabtu. Itupun dilaksanakan setelah kegiatan intrakurikuler jadi tidak full satu hari penuh untuk pelaksanaan kegiatan kepramukaan, kegiatan ini biasanya kami laksanakan dari pukul 09.00 s.d 12.00 WIT. Untuk mengondisikan peserta didik yang mengikuti kegiatan kepramukaan ini kami selalu di bantu oleh seluruh guru SD Inpres Biopis. 

Perlu diketahui juga yah karena tingkat kehadiran peserta didik di SD Inpres Biopis itu lumayan rendah jadi terkadang peserta didik yang mengikuti kegiatan kepramukaan tidak terlalu banyak, apalagi yang diwajibkan hanya untuk kelas IV, V dan kelas VI. Proses pembelajaran kepramukaanpun kami buat semenarik mungkin suapaya peserta didik nyaman. Kami menerapkan motode kepramukaan yang tentunya harus membuat peserta didik nyaman dan senang, metode kepramukaan yang kami terapkan menekankan banyak bermain, bercanda, bercerita, tebak-tebakan dan lain sebagainya. 

Membuat peserta didik nyaman dan senang akan membuat mereka suka terhadap kegiatan kepramukaan ini, sehingga kami tidak terlalu menekankan manteri yang sesuai buku panduan dalam kegiatan kepramukaan ini. Untuk materi kepramukaan yang disampaikan kepada peserta didik kami samapiakan sesuai dengan materi yang harus di pelajari oleh pramuka siaga. Penyampaian materi diawali dengan materi umum seperti apa itu pramuka, sejarah pramuka, tujuan pramuka, pengertian pramuka siaga, kode kehormatan pramuka siaga, area pengembangan sosial, area pengembangan intelektual, permaianan pramuka siaga serta materi pramuka siaga yang lainnya.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Post a comment