This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

Sekolah yang Menerapkan Kurikulum International Baccalaureate (IB) di Bandung


Kurikulum International Baccalaureate atau Kurikulum IB merupakan kerikulum Internasional untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dikelola oleh International Baccalaureate (IB), sebelumnya dikenal sebagai International Baccalaureate Organization (IBO), adalah yayasan nirlaba yang didirikan pada tahun 1968 berkantor pusat di Jenewa, Swiss.
 
IB menawarkan pendidikan bagi peserta didik mulai dari usia 3 hingga 19 tahun, yang terdiri dari empat program yang berfokus pada pengajaran peserta didik untuk berpikir kritis dan mandiri, dan cara bertanya dengan hati-hati dan logika.

IB mempersiapkan peserta didik untuk berhasil di dunia di mana fakta dan fiksi bergabung dalam berita, dan di mana mengajukan pertanyaan yang tepat adalah keterampilan penting yang akan memungkinkan peserta didik berkembang lama setelah peserta didik dinyatakan lulus dari program IB.

Kurikulum IB atau International Baccalaureate (IB) didukung oleh para guru dan koordinator IB yang mengembangkan dan mempromosikan kurikulum IB di lebih dari 5.000 sekolah di lebih dari 150 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kurikulum IB atau International Baccalaureate (IB) menawarkan kontinum pendidikan internasional. Program ini mendorong pencapaian pribadi dan akademik, menantang peserta didik untuk unggul dalam studi dan pengembangan pribadi peserta didik masing-masing.

Untuk mengajarkan program IB atau kurikulum IB sekolah harus diberi wewenang atau mendapatkan ijin dari yayasan Pendidikan Internasional IB atau
International Baccalaureate Organization (IBO). Setiap sekolah yang menerapkan kurikulum IB dikenal atau disebut dengan IB World School. 

Kurikulum IB memiliki empat level atau jenjang program pendidikan formal yang diantaranya meliputi:

  1. IB Primary Years Programme (PYP) untuk usia 3-12 tahun setara untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).  
  2. IB Middle Years Programme (MYP) untuk usia 11-16 tahun setara untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP).
  3. IB Diploma Programme (DP) untuk usia 16-19 tahun setara dengan jenjang sekolah menengah atas (SMA).
  4. IB Career-Related Programme (CP) untuk usia 16-19 tahun setara dengan jenjang sekolah menengah atas (SMA).
Bagi anda warga Bandung yang ingin menyekolahkan putera-puteri Tercinta dan Terkasihnya ke sekolah terbaik yang menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) atau IB World School. Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai sekolah tersebut khusunya yang berada di wilayah Bandung Raya.

Perlu diketahui juga karena IB ini merupakan kurikulum Internasional tentunya sekolah yang menerapkan kurikulum tersebut merupakan sekolah Internasional atau Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK).

Tentunya di sekolah yang menerapkan kurikulum IB tersebut akan banyak ditemui guru-guru dari negara lain dibanding guru-guru asal Indonesia. Karena memang tidak banyak guru lokal asal Indonesia yang telah memiliki sertifikat pelatihan guru IB atau sertifikasi guru IB.
 
Berikut adalah sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum IB di Bandung:

1. Bandung Independent School.
Program IB yang diterapkan di Bandung Independent School atau yang serig disingkat dan disebut BIS adalah IB Primary Years Programme (PYP) untuk jenjang setara sekolah Dasar (SD) serta IB Diploma Programme (DP) untuk jenjang setara Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk informasi lebih lengkap anda dapat mengakses pada website sekolah BIS di laman: http://bisedu.or.id

2. SD BPK Penabur Banda
SDK BPK Penabur Banda merupakan satu-satunya sekolah di kota Bandung dengan status IB World School, SDK Penabur Banda mengimplementasikan Program Dasar International Baccalaureate Organization (IBPYP) atau yang dikenal dengan sebutan IB Primary Years Programme (PYP) untuk jenjang setara dengan sekolah dasar (SD). 

Pada bulan Mei 2014, SDK Penabur Banda mendapatkan kunjungan Tim IBO dalam rangka “PYP Evaluation Visit” yang bertujuan untuk menilai kembali pelaksanaan program IBPYP di sekolah. 

Kunjungan ini juga membuktikan bahwa program unggulan IBPYP yang diterapkan di SDK Penabur Banda berjalan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh IBO. Untuk informasi lebih lengkap anda dapat mengakses pada website SDK Penabur Banda di laman: https://ib.penabur.sch.id

3. Sekolah Mutiara Nusantara
Sekolah Mutiara Nusantara menerapkan IB Diploma Programme (DP) untuk jenjang setara dengan sekolah menengah atas (SMA). Untuk informasi detail terkait program IB DP di Sekolah Mutiara Nusantara, anda dapat mengaksesnya di laman: http://mnis.sch.id

4. Stamford School, Bandung
Stamford School yang beralamat di Allegro Altura Complex, Jln. Citra Green, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat ini menerapkan IB Diploma Programme (DP) untuk jenjang setara dengan sekolah menengah atas (SMA). 
 
Untuk informasi detail terkait program IB DP di Sekolah Mutiara Nusantara anda dapat mengaksesnya di laman: https://www.stamford.sch.id

Itulah 4 sekolah di wilayah Bandung Raya yang menerapkan Kurikulum IB atau International Baccalaureate (IB) dalam beberapa level atau jenjang sekolahnya. Tidak semua sekolah menerapkan sepenuhnya kurikulum IB untuk seluruh level (SD, SMP, SMA) atau jenjang pendidikan.
 
Karena pertama untuk mendapat ijin menerapkan kurikulum IB dan biaya operasional pelaksanaan IB ini memang lumayan tinggi, kedua tenaga pengajar untuk IB atau Guru IB yang sudah memiliki sertifikat pelatihan atau sertifikasi IB Ini masih sangat sedikit di Indonesia.

Perlu di informasikan juga bahwa mungkin saja lebih banyak lagi sebenarnya sekolah yang menerapkan kurikulum IB ini di wilayah Bandung, namun belum dicantumkan di website resmi IB. Mungkin saja setiap tahunnya ada penambahan sekolah yang menerapkan kurikulum IB dalam kurikulum pembelajaran disekolahnya.

Informasi terkait kurikulum IB atau International Baccalaureate (IB) kalian dapat mengaksesnya di laman: https://ibo.org. Jika kalian ingin tahu daftar sekolah yang menerapkan kurikulum IB atau International Baccalaureate di seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia kalian bisa mencarinya melalui laman: https://ibo.org/programmes/find-an-ib-school.

Semoga bermanfaat.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar