This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

Format Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik



Sebagai guru kita harus melakukan 3 penilaian sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Pada artikel sebelumnya saya sudah membagikan salah satu bentuk penilaian sikap yaitu dengan menggunakan jurnal perkembangan sikap spiritual dan sosial peserta didik. Melakukan penilaian tentunya harus dengan format sesuai dengan kurikulum dan aturan yang di keluarkan oleh pemerintah.

Format yang sederhana, mudah digunakan serta dapat mencakup seluruh aspek merupakan format yang sepenuhnya di inginkan guru, termasuk format untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan. Banyak format yang sudah tersebar dan bertebaran dikalangan guru, namun ada beberapa format yang dirasa sulit untuk diterapkan apalagi oleh guru-guru yang sudah cukup tua. Mereka banyak yang mengalimi kesulitan dalam menerapkan format tersebut karena dirasa rumit.

Kalini saya akan membagikan format yang sebelumnya saya pernah gunakan ketika menjadi guru, format ini adalah format untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan. Format ini menurut saya simple, tidak rumit karena hanya tinggal memasukan nilai per kompetensi dasar yang sebelumnya anda sudah akumulasikan, nilai PTS dan nilai PAS yang telah dilakukan, baik untuk penilain pengetahuan amaupun keterampilan.

Format ini dibuat untuk 1 semester penuh, saya yakin jika kalian menggukan format ini tidak akan mengalami kesulitan. Format ini masih banyak kekuranganya butuh penyempurnaan dan pengembangan lebih lanjut. Format ini bisa digunakan untuk untuk semua mata pelajaran, saya kira bisa juga untuk digunakan untuk guru SD dan SMP namun perlu ada penyesuaian kembali.

Sampai saat ini belum ada format yang baku digunakan serempak oleh seluruh satuan pendidikan supaya selaras, setiap satuan pendidikan pasti berbeda-beda, karena hasil dari pengemabangan satuan pendidikan, MGMP dan KKG dilingkungan tersebut. Walaupun berbeda-beda bentuk format penilaianya, tapi saya kira komponen dari format penilaiannya tidak akan terlaluh jauh berbeda.

Format penilaian pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat anda lihat seperti gambar di bawah ini: 



Nah, itulah format penilaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang bisa kalian jadikan referensi untuk penilaian pengetahuan dan keterampilan. Bagi kalian yang berminat ingin menggunakan format penilaian ini, kalian dapat mengunduh format tersebut dengan klik DISINI.

Semoga bermanfaat. Terima kasih yah telah mengunjungi Blog ini.

Rajin-rajin yah mengunjungi blog ini insya allah semua yang di bagikan di blog ini bermanfaat semuanya.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar