D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Keunggulan Bangsa Indonesia

Modal utama tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah menjalin keutuhan di antara warga-warganya. Keutuhan ini tidak dapat terwujud jika mereka tidak memiliki rasa bangga terhadap bangsanya sendiri. Bangga terhadap bangsa artinya merasa bahagia menjadi bagian darinya. Ia berbesar hati menerima kenyataan bahwa dirinya lahir dan dibesarkan di negara tersebut.

Untuk menciptakan rasa bangga ini, seseorang harus memahami keunggulan yang dimiliki oleh bangsanya terlebih dahulu. Ini bisa dilihat dari deretan fakta membanggakan Indonesia yang sudah diakui dunia. Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?

Keunggulan Bangsa Indonesia

Keunggulan suatu bangsa dapat memicu rasa cinta warga negara terhadap tanah airnya. Ia akan merasa bangga dan mengagumi kelebihan negaranya dengan segenap jiwa. Karena itu, masyarakat Indonesia perlu mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia, seperti dikutip dari buku Pendidikan Pacasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VIII berikut ini.


1. Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar

Penduduk merupakan sumber daya yang paling penting dan berharga bagi setiap bangsa dan negara. Lewat kemampuan masing-masing individu, penduduk dapat mengelola sumber daya alam dan lingkungan sekitar.

Dikutip dari Worldsmeter Info, Indonesia menempati peringkat keempat negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Bonus demografi ini memberikan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk lebih unggul dari bangsa lain. Ini bisa diwujudkan dengan memaksimalkan potensi yang ada dan melakukan inovasi secara terus menerus.

2. Letak wilayah yang strategis

Letak wilayah Indonesia amat strategis, yaitu berada di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Hindia dan Pasifik). Kondisi ini membuat Indonesia berada pada posisi silang dunia. Alhasil, Indonesia menjadi wilayah yang jadi tujuan untuk dilewati atau disinggahi bangsa-bangsa lain.

3. Memiliki tata krama yang baik

Indonesia dikenal akan tata krama setiap warganya. Ramah tamah dan sopan santun selalu dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat Indonesia dikenal sebagai bangsa yang baik oleh dunia.

4. Bahan tambang yang melimpah

Seperti yang diketahui, Indonesia adalah bangsa yang terkenal akan kekayaan alamnya. Bahan tambang sangat melimpah di Indonesia, mulai dari batu bara, nikel, timah, dan lain sebagainya. Tak heran, muncul banyak kawasan pertambangan di negara ini.

5. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menyatukan bangsa

Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan ini menjadi dasar utama dalam mewujudkan keutuhan bangsa. Bhinneka Tunggal Ika menggambarkan persatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku, budaya, ras, agama, dan bahasa. Pluralitas yang tercermin pada masyarakat Indonesia sejalan dengan semboyan tersebut.

Indonesia yang kaya akan keanekaragaman harus mampu menjaga kesatuan bangsanya. Sehingga, bisa menjadi inspirasi bagi negara-negara lain di seluruh dunia. Sebagai bangsa Indonesia, kita harus tetap menjunjung tinggi persatuan, menyelaraskan perbedaan, dan bersikap toleran pada keanekaragaman. Bhineka Tunggal Ika harus selalu ditegakkan dalam nafas kenegaraan.

6. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Indonesia memiliki keunggulan dalam bidang pertahanan dan keamanan karena memiliki masyarakat yang menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Bahkan kekuatan militer Indonesia merupakan yang terkuat nomor 1 di Asia Tenggara dan peringkat ke 15 terkuat di Dunia pada Tahun 2022.

Nah, hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang aman.

Demikian keunggulan dari bangsa Indonesia yang patut kita banggakan sebagai bangsa Indonesia.


Sumber :

https://kumparan.com
https://kids.grid.id
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar