Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google For Education Reference School


Sekolah Referensi Google for Education adalah pengakuan internasional yang diberikan kepada sekolah yang menggunakan alat Google for Education dengan cara yang kreatif, inovatif, dan patut dicontoh, dan atas penggunaan teknologi di ruang kelas untuk berdampak positif pada pendidikan siswa dan pembelajaran mereka.

Sekolah Referensi diakui oleh Google atas penggunaan teknologi mereka yang luar biasa untuk mendorong hasil pembelajaran yang positif. 

Masing-masing telah sepakat untuk menjadi tuan rumah bagi pengunjung di lokasi, berbagi saran, tips, dan praktik terbaik, mengadakan acara, dan banyak lagi.

Informasi terkait sekolah referensi google dapat dilihat pada laman: 

https://edudirectory.withgoogle.com/search?expertTypes=schoolOrDistrict&_gl=1*dacafw*_ga*MjA1NzQyNzg0NS4xNjg2MDg2MDQ2*_ga_J511Z1J33K*MTY4NjI0NzIxNi4yLjEuMTY4NjI0NzI4My4wLjAuMA

Berikut adalah 6 Sekolah Referensi Google For Education yang Berada di Indonesia:


1. IPEKA BSD Christian School

Sekolah Kristen IPEKA BSD berfokus pada perkembangan anak seutuhnya dari TK hingga SMA dalam terang Firman Tuhan. Siswa belajar dari tahap awal bahwa 'takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan.' (Amsal 1:7).

IPEKA BSD menjadi Sekolah Referensi Google for Education Pertama di Indonesia, dan penghargaan ini diberikan oleh Google Asia Pacific.

Status Sekolah Referensi Google for Education merupakan pengakuan internasional yang diberikan kepada sekolah yang menggunakan Google sebagai alat untuk pendidikan dengan menggunakan cara yang kreatif, inovatif, dan patut dicontoh, dan juga untuk penggunaan teknologi di dalam kelas yang dilakukan secara positif dan berdampak untuk pendidikan siswa dalam proses belajar mereka.

Alamat : Jalan BSD Boulevard Utara, Kav 2-2, BSD City, Tangerang, Banten (15331)
Website : https://ipeka.org/location/ipeka-bsd/
Laman Profil Sekolah Referensi Google : https://edudirectory.withgoogle.com/profiles/6252972573982720
E-mail : operatorsmaipeka@bsd.ipeka.sch.id
Telpon : (021) 50898960 │ (021) 50898969

2.    SMP Ar Rafi’ Drajat

SMP Ar Rafi’ Drajat memiliki visi bahwa Lulusan Ar Rafi' Drajat adalah Abdullah dengan tugas sebagai Khalifah. Oleh karena itu, misi Ar Rafi’ adalah Menumbuhkembangkan Nilai-Nilai Akidah sesuai Al-Qur'an dan Sunnah, Mengembangkan Manajemen Pembelajaran berbasis Teknologi dan wawasan Internasional yang berkompetensi luas berlandaskan paradigma akidah.

Sosok calon pemimpin dalam abad ke-21 adalah mereka yang merupakan bagian integral dari masyarakat ilmiah (scientific society) dan masyarakat belajar (learning society). 

Abad ke-21 ditandai oleh terjadinya globalisasi akibat dari revolusi teknologi, informatika, dan komunikasi. Oleh karena itu, sejak berdirinya SMP Ar Rafi’ Drajat, teknik informatika dan komunikasi bukan suatu mata pelajaran melainkan prasyarat yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari semua disiplin ilmu serta penggunaannya dalam kehidupan berintikan nilai-nilai iman kepada Allah SWT.

Alamat :
Kampus 1 : Jl Sekejati Raya No. 32, Kiaracondong , Bandung.
Kampus 2 : Jl Sekejati III No. 21, Kiaracondong, Bandung
Website : http://www.smparrafidrajat.sch.id/
Laman Profil Sekolah Referensi Google : https://edudirectory.withgoogle.com/profiles/5099817685483520
E-mail : info@smparrafidrajat.sch.id
Telpon : 022-73516938

3. Sekolah Islam Terpadu Gema Nurani

Yayasan Asasi Indonesia didirikan pada tahun 1989 di Jakarta dan disahkan melalui Notaris FJ Mawati pada tanggal 8 Oktober 1989. 

Dari enam divisi yang dimiliki Yayasan Indonesia, Divisi Pendidikan dan Pelatihan melaksanakan program tersebut dengan mendirikan lembaga pendidikan yang dibentuk pada tanggal 10 November. 

Tahun 1989 di Bekasi melalui Surat Keputusan Nomor I.002/YAASIN/B/XI/1989 dikenal dengan nama Pendidikan Islam Terpadu Gema Nurani (PIT Gema Nurani).

Seiring berjalannya waktu, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan menjalin hubungan nasional dan internasional, Pendidikan Islam Terpadu Gema Nurani telah menjalin kerjasama dengan World Media Service (WMS) Education Content Expert Organization of Islamic Conference (OIC) dan menandatangani MoU pada tanggal 24 November, 2008 di Bekasi.

Menggunakan Kurikulum Internasional Cambridge dan IGCSE O'Level. Selain itu Gema Nurani juga bekerjasama dengan sekolah terbaik asal Malaysia, Singapura dan Turki. Juga sekolah-sekolah besar dari Indonesia seperti Al Azhar, Perguruan Ar Rafi.

Alamat : Jl.Kali Abang Tengah No.75 B Bekasi, Jawa Barat 17125
Website : https://www.gemanurani.sch.id/
Laman Profil Sekolah Referensi Google : https://edudirectory.withgoogle.com/profiles/5460491756371968
E-mail : resarhmwtie@gemanurani.sch.id
Telpon : +6285186045555/ +6281319290812


4.    SMPIT Al-Haraki

Pada tahun pelajaran 2012/2013, SMPIT AL HARAKI mulai menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar tingkat menengah dengan mengintegrasikan agama Islam kedalam kurikulum khas Al Haraki yang berbasis ICT (InformationCommunication and Technology) yang dikelola secara efektif, efisien dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan kualitas secara berkesinambungan dan mengembangkan nilai-nilai entrepreneurship dan life skill untuk menghadapi era globalisasi.

SMPIT Al Haraki menerapkan sistem pandidikan terpadu (Integrated System) dengan masa belajar penuh waktu (Full Day School) mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.30 untuk hari Senin s.d Kamis, khusus hari Jumat hingga pukul 14.30. Siswa mengikuti shalat zhuhur dan ashar berjamaah.

Alamat : 
1. Preschool, SD & SMP 
Jl. Belimbing III No. 1 - 2, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat
2. SMA 
Boulevard Grand Depok City, Sektor Puri Aster Lot 8 Kel. Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Depok, Jawa Barat
Website : https://alharaki.sch.id/
Laman Profil Sekolah Referensi Google : https://edudirectory.withgoogle.com/profiles/5136747506696192
E-mail : info@alharaki.sch.id
Telpon : 
Preschool : 0812 7179 8061
SD : 0812 7179 8062
SMP : 081271798063
SMA : 0812 7179 8064

 5. SMP Lazuardi Al Falah GCS Klaten

Lazuardi Al-Falah adalah Sekolah Islam yang berwawasan Global yang mengedepankan pemahaman mengenai perbedaan dalam banyak hal dan pentingnya toleransi.

Sejak awal berdirinya, SMP Lazuardi Al Falah Klaten telah berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan kelas dunia bagi seluruh pemangku kepentingan sekolah, dan bagi masyarakat sekitar sekolah. 

Kami membekali pengajar kami dengan pengetahuan dan praktik integrasi teknologi di kelas, khususnya dalam mengembangkan pembelajaran bermakna dalam lingkungan Google Workspace for Education.

Alamat : Jl. Tentara Pelajar No.1 Gayamprit Klaten Selatan, Jawa Tengah
Website : https://klaten.lazuardialfalah.sch.id/
Laman Profil Sekolah Referensi Google : https://edudirectory.withgoogle.com/profiles/6234966902964224
E-mail : lazuardiklaten@gmail.com
Telpon : 0272 324333 / WA 0851 0988 1818

6. Sekolah Putri Darul Istiqamah

Sekolah Putri Darul Istiqamah (SPIDI) adalah sekolah islam khusus putri yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

Sekolah Putri Darul Istiqamah memiliki sejarah panjang, berawal pada tahun 1971 Pesantren Darul Istiqamah sebagai induk membuka kelas untuk santri baik putra maupun putri dengan jenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. 

Kemudian pada tahun 1991 berubah menjadi KMI (Kullitatul Muballigahat Islamiyah), kemudian berubah lagi menjadi Sekolah Persiapan Da’i (SPD). 

Seiring berjalannya waktu dan tuntutan zaman, maka pada tahun 2011 berubah menjadi Sekolah Putri Darul Istiqamah dengan membuka jenjang SMP IT dan SMA IT. 

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum mar’atusshalihah, menggabungkan antara kurikulum keislaman dan kurikulum dinas dengan harapan akan menghasilkan generasi muslimah yang smart dan shalehah. 

Alhamdulillah, SMP IT dan SMA IT Sekolah Putri Darul Istiqamah telah menghasilkan prestasi yang membanggakan dalam bidang akademik, keislaman, seni, olahraga, dan lingkungan hidup. 

Alumni SMP IT dan SMA IT Sekolah Putri Darul Istiqamah telah tersebar di sekolah-sekolah unggulan dan universitas terbaik di dalam dan luar negeri. Semoga alumni SMP IT dan SMA IT Sekolah Putri Darul Istiqamah bisa memberikan pengaruh positif di tengah masyarakat.

Sekolah Putri Darul Istiqamah telah menggunakan teknologi Google sejak tahun 2014, jauh sebelum adanya Covid-19. Saat itu kami ditawari dua solusi teknologi dan salah satunya adalah Google Apps for Education, sekarang Google Workspace for Education.

SPIDI menggunakan Google karena kami mengetahui bahwa dengan Google Workspace kami dapat mengajar secara efektif, berkolaborasi satu sama lain, dan yang terpenting kelas kami menjadi lebih menyenangkan dengan integrasi alat Google dan Chromebook.

Setiap hari para siswa bersemangat melakukan aktivitasnya menggunakan Chromebook. Mereka merasa senang mendapatkan materi pembelajaran dengan menjelajahi Google Kelas bahkan sebelum kelas dimulai.

Karena kami telah menggunakan Google jauh sebelum pandemi, kami dapat dengan mudah beralih ke mode "belajar dari rumah" karena guru dan siswa sudah terbiasa dengan Google Kelas dan Google Meet.

Alamat : Jl. Poros Makassar - Maros No.Km. 25, Bontoa, Kec. Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90552
Website : https://www.spidi.sch.id/
Laman Profil Sekolah Referensi Google : https://edudirectory.withgoogle.com/profiles/5078204464234496
E-mail : humas@spidi.sch.id
Telpon : +62811 4112 0970

7. SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo

Latar Belakang SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo berdiri dengan iktikad membentuk generasi unggul di masa depan. Sekolah ini merupakan filial di bawah Yayasan Syifa Budi Jakarta yang bekerja sama dengan Yayasan Amal Sahabat Solo yang diketuai oleh Bapak Dr. H. Sunarto Istianto, M.M. Sekolah ini melengkapi unit sekolah yang sudah ada sebelumnya (TA-TK, SD, SMP). 

SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo didirikan pada tanggal 20 April 2017 dengan diperolehnya izin pendirian dan operasional nomor: 420/3365/2017 dari Dinas Provinsi Jawa Tengah.

Secara geografis lokasi SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo terletak di tengah Kota Solo yang merupakan kota budaya, pariwisata, serta industri dengan adanya pelaku usaha di bidang pariwisata ataupun industri dimana peserta didik mayoritas berasal dari golongan ekonomi menengah ke atas. 

Melihat kondisi ini, maka proses pembelajaran di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo tidak hanya terfokus pada kemampuan akademik saja, tetapi juga berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup (life skills), serta pembentukan kepribadian, moral serta menumbuhkan karakter yang sesuai dengan cita – cita pendidikan nasional.

SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo merupakan Sekolah Menengah Atas berciri khas Islam dengan metode pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) serta memberi penekanan pada Empat Pilar Utama Sekolah Unggul yaitu Aqidah, Kebangsaan, Sains, dan Teknologi dalam iklim dan kultur sekolah Islami.

Alamat :Jl. Raden Mas Said No 232, Sidorejo Mangkubumen, Banjarsari, Solo
Website : https://smaasbsolo.sch.id/
Laman Profil Sekolah Referensi Google : https://edudirectory.withgoogle.com/profiles/6250896777281536
E-mail : admin@smaasbsolo.sch.id
Telpon : 0271 - 7463366

Posting Komentar untuk "Google For Education Reference School"