Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Perangkat Pembelajaran PPKn Tahun Pelajaran 2019-2020

Download Perangkat Pembelajaran PPKn Tahun Pelajaran 2019-2020

Hallo Guru PPKn semuanya, pada kesempatan ini saya akan membagikan file administrasi pembelajaran PPKn lengkap untuk tahun pelajaran 2019-2020. Administrasi pembelajaran merupakan hal penting yang harus guru persiapkan sebelum dimulainya pembelajaran. Biasanya administrasi pembelajaran dibuat pada awal tahun pembelajaran. Pembuatan Administrasi Pembelajaran pada satuan pendidikan biasanya dimulai dengan kegiatan IHT (In House Training) pada awal tahun pembelajaran. Biasanya apa saja komponen dari Administrasi pembelajaran itu? Berikut adalah komponen yang paling familiar dari Administrasi Pembelajaran atau Perangkat Pembelajaran adalah:

Kalender Akademik
Rincian Minggu Efektif
Alokasi Waktu
Program Semester
Program Tahunan
Silabus
RPP
SKL
Keterkaitan KI-KD dan Materi Pembelajaran dan lain-lain.

Jika kita lihat memang banyak sekali komponen dari administrasi pembelajaran itu. Bayangkan jika kita harus mengajar di 3 Jenjang misalnya kelas X (Sepuluh), Kelas XI (sebelas) dan Kelas XII (Dua belas). Berarti kita sebagai guru harus menyiapkan 3 Administrasi Pembelajaran untuk tiga kelas tersebut. Pasti Guru-guru yang mengajar di sekolah satu atap sekolah yang terdiri atau menaungi beberapa jenjang dimulai dari SD, SMP, SMA dan SMK akan lebih ektra yah dalam mengerjakan adminitrasi pembelajaran.

Sementara komponen dari adminitrasi pembelajaran sangat banyak dan jikalau membuatpun perlu membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan belum tentu benar juga. Format untuk beberapa komponen pembelajaranpun kadang-kadang ditiap-tiap satuan pendidikan berbeda-beda, ini juga membingungan sebagaian guru juga. Tapi intinya walaupun berbeda-beda fromatnya tidak jadi masalah yang penting kita kerjakan dan persiapkan administrasi pembelajaran itu. Untuk format Kita berpatokan saja kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) yang mengatur mengenai Administrasi pembelajaran.

Jikalau adapun format Komponen admintrasi pembelajaran berbeda-beda itu saya kira hasil pengembangan dari guru-guru dari MGMP, KKG dan lain sebagainya yang pada dasarnya hasil pengembangan tersebut pasti juga berpatokan pada peraturan yang berlaku. Pengembangan komponen admintrasi pembelajaran itu juga hal yang memang harus dilakukan guru. Jadi kita sebagi guru tidak hanya menerima mentah-mentah contoh Komponen adminitrasi pembelajarab dari Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian pendidikan, tapi kita juga sebaguru berimprovisasi, bereksperimen, memodifikasi sebagai upaya dalam mengembangkan Komponen administrasi pembelajaran.

Bapak/Ibu Guru PPKn semua pada artikel ini, file yang saya akan bagikan adalah Administrasi Pembelajaran PPKn untuk jenjang SMA/MA Sederajat untuk semua kelas baik kelas X, XI dan XII. Silahkan Download melalui link di bawah ini.

Administrasi Pembelajaran PPKn Kelas X Tahun Pelajaran 2019-2020.
Administrasi Pembelajaran PPKn Kelas XI Tahun Pelajaran 2019-2020
Administrasi Pembelajaran PPKn Kelas XII Tahun Pelajaran 2019-2020

Kumpulan Soal PPKn Kelas X Tahun Pelajaran 2019-2020
Kumpulan Soal PPKn Kelas XI Tahun Pelajaran 2019-2020
Kumpulan Soal PPKn Kelas XII Tahun Pelajaran 2019-2020


Semoga file yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru semua.

Posting Komentar untuk "Download Perangkat Pembelajaran PPKn Tahun Pelajaran 2019-2020"