This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

Mengajarkan Lagu Halo-Halo Bandung | SM-3T | SD Inpres Biopis

Guru SM-3T, Pak Yogi saat mengajarkan menyanyikan Lagu Halo-Halo Bandung di Kelas VI SD Inpres Biopis Tahun Pelajaran 2016-2017. [Dokumentasi 26 September 2017]
Selain mengajarkan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah. Kami juga tidak lupa untuk mengajarkan kepada seluruh peserta didik untuk menghapal dan menyayikan lagu wajib Nasional. Kami merasa mengajar menyanyikan lagu wajib nasional sangat penting untuk di sekolah-sekolah di Pedalaman Asmat. Selain mereka memang minim tahu mengenai lagu-lagu wajib nasional juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme peserta didik.

Perlu diketahui bahwa di wilayah papua terkenal dengan salah satu organisasi yang terus melakukan aksi dalam rangka keluar dari bagian wilayah NKRI. Sebagai upaya kami untuk meminimalisir dampak dari gerakan organisasi tersebut, maka menurut kami dengan mengajarkan materi ke-Indonesiaan menjadi sangat penting untuk diterapkan disekolah. Kami memilih untuk mengajarkan lagu wajib nasional karena mudah diajarkan kepada peserta didik.

Sebagai Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah menjadi suatu kewajiban bagi saya untuk membangun dan meningkatkan rasa nasionalisme peserta didik dengan cara menyanyikan lagu wajib nasional. Dalam mengajarkan menyanyikan lagu wajib nasionalpun kami berdua bersama pak Ridwan menyeleksi beberapa lagu yang akan diajarkan kepada peserta didik. Kami memilih lagu wajib yang tidak terlalu panjang serta mudah dipelajari dan dipahami oleh peserta didik.

Banyak lagu yang kami pernah ajarkan kepada seluruh peserta didik di SD Inpres Biopis ini diantaranya: Mengheningkan Cipta, Padamu Negeri, Indonesia Pusaka, Hymne Guru, Ibu Pertiwi dan lain sebagainya. Nah karena saya merupakan orang asli Bandung, sayapun tidak lupa untuk mengajarkan lagu wajib nasional yang sangat populer dengan kata “Bandung” yaitu Halo-Halo Bandung.

Selain mudah dipahalkan lagu wajib nasional ini sangat pendek liriknya. Sehingga sebagian besar peserta tidik tidak membutuhkan waktu lama untuk mempelajari, menghapal serta menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung ini. Cukup dengan 2 kali pertemuan saja mereka semua sudah tahu dan hapal dengan lagu Halo-Halo Bandung ini. Sayapun sebagai guru juga dengan pak Ridwan tidak lupa untuk menerapkan kebiasaan menyayikan lagu wajib nasional sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar