This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

Pemantapan Persiapan UASBN dan UN Peserta Didik Kelas VI SD Inpres Biopis | SM-3T | SD Inpres Biopis

Guru SM-3T, pak Yogi saat mendampingi peserta didik kelas VI SD Inpres Biopis latihan mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) di Rumah Dinas Guru SD Inpres Biopis. | Dokumentasi 23 Januari 2017.
Pelaksanaan UASBN dan UN bagi peserta didik kelas VI akan dilaksanakan sekitar minggu kedua bulan Mei tahun 2017. Terhitung semester genap tahu pelajaran 2016-2017 kamipun mulai mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi UASBN dan UN tersebut. Persiapan yang kami lakukan adalah dengan melatih peserta didik mengisi lembar jawaban komputer (LJK) serta membedah bersama peserta didik kelas VI soal-soal UASBN dan UN tahun sebelumnya.

Pada tahun 2017 ada sekitar 17 peserta didik kelas VI SD Inpres Biopis yang akan mengikuti UASBN dan UN Tahun 2017. Jumlahnya tidak terlalu banyak akan tetapi kami menghadapi berbagai persoalan untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi UASBN dan UN ini, Dimulai dengan adanya peserta didik kelas VI yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung, serta tingkat kehadiran peserta didik kesekolah yang cukup rendah.

Persoalan tersebut tidak kami biarkan kamai terus mencari solusi yang terbaik agar peserta didik kami di kelas VI rajin mengikuti pembelajaran disekolah, mengikuti kegiatan pemantapan serta tentunya dapat LULUS UASBN dan UN Tahun 2017 dengan hasil yang memuaskan, saya dan Pak Ridwan yang juga Guru SM-3T di SD Inpres Biopis terus berusaha untuk melakukan upaya agar mereka rajin kesekolah serta bagi peserta didik kelas VI yang belum bisa membaca, menulis dan menghitungpun terus kami latih supaya mereka juga tetap bisa mengikuti UASBN dan UN.

Pak Ridwan selaku guru kelas VI tentunya mempunyai beban dan tanggungjawab yang paling besar untuk mempersipakan peserta didik yang duduk dibangku kelas VI. Walaupun beliau guru kelas VI yang notabenenya yang memiliki kewenangan penuh terhadap peserta didik dikelas VI, saya juga ikut membantu dalam mempersiapakan peserta didik kelas VI ini, kami berdua membagi tugas dalam proses kegiatan pemantapan ini.

Kami mempunyai waktu setidaknya sekitar 4 bulan untuk menyiapkan peserta didik kelas VI, terhitung bulan Januari 2017 kami sudah memulai kegiatan pemantapan ini. Kamipun tidak lupan menyampakain kepada seluruh Guru SD Inpres Biopis untuk ikut serta membantu dalam proses kegiatan ini. Kepala sekolah serta para guru SD Inpres Biopis sepenuhnya memberikan kewenangan mempersipakan peserta didik kepada kami berdua, akan tetapi mereka tetap memberikan dukungan kepada kami dengan terus mengumumkan dan memberitahu kepada setiap orang tua peserta didik kelas VI bahwa peserta didik kelas VI wajib mengikuti kegiatan pemantapan UASBN dan UN ini.
Guru SM-3T, Pak Ridwan saat melatih peserta didik kelas VI SD Inpres Biopis yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung. | Dokumentasi 24 Januari 2017
Proses pemantapan ini dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Jum’at setiap pukul 15.30 sampai dengan pukul 17.00 WIT. Kegiatan ini dilakukan disekolah akan tetapi jika peserta didik yang hadir mengikuti pemantapan ini hanya sedikit, biasanya kegiatan pemantapan ini akan dilaksanakan di Rumah Dinas Guru SD Inpres Biopis. Kami berdua membangi tugas Pak Ridwan menangani peserta didik kelas VI yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung sedangkan saya bagi peserta didi kelas VI yang sudah lancar membaca, menulis dan menghitung bersama saya.

Pak Ridwan bersama peserta didik kelas VI yang belum bisa membaca dan menulis melaksanakan kegiatannya di kelas VI. Sedangkan saya dikelas V berasama peserta didik yang lainnya membedah soal-soal UASBN dan UN Tahun 2016. Perlu diketahui juga peserta didik yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung itu tidak banyak hanya 5 Orang saja. Untuk soal-soal yang dibahas dalam proses pemantapan ini adalah sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Mulok, Agama dan mata pelajaran yang lainnya.

Setiap harinya kami hanya membedah soal untuk dua mata pelajaran yang akan mereka hadapi di UASBN dan UN Tahun 2017. Berkat dukungan dari guru-guru serta orang tua dari seluruh peserta didik kelas VI serta dari peserta didiknya sendiri proses kegiatan pemantapan ini terus berjalan lancar sampai dengan dihentikannya pada minggu pertama bulan Mei tahun 2017.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar