Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Menu Navigasi Contact di Blog


Ada setidaknya 5 menu navigasi yang harus kalian buat untuk mempercantik blog sehingga blog kalian akan terlihat profesional diantaranya menu navigasi About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer dan Sitemap. Menu navigasi tersebut merupakan menu wajib yang harus ada di blog atau website. Silahkan saja kalian searching beberapa website atau blog menu ini pasti akan selalu anda temukan, biasanya terletak di header blog atau juga di footer blog.

Perlu diketahui juga bahwa menu navigasi ini merupakan hal yang penting sehingga harus dibuat jika anda mau mendaftarkan blog anda di Google Adsance ataupun penyedia kerjasama jasa iklan yang lainnya. Membuat menu navigasipun pada dasarnya sangat mudah karena biasaya ditemplate blog baik yang premium ataupun free sudah terpasang kalian hanya perlu membuat laman menu navigasinya dan menghubungankan url menu navigasi tersebut di HTML template kalian.

Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaima cara membuat menu navigasi Contact di blogger, pada dasarnya sih sangat mudah sekali tidak perlu membutuhkan waktu lama kalian hanya perlu perhatikan tahapan-tahapannya dengan teliti dan benar.

Pertama
Masuk ke Dasboar blog kalian pilih dan klik Halaman


Kedua
Klik Halaman Baru dan tulis judul Contact



Catatan : Perlu diketahui yah kawan-kawan semua kalian diusahakan menulis judul Contact dilaman tersebut harus cepat dan benar jika salah satu huruf saja nanti akan berpengaruh kepada url dari laman navigasi Contact jadi di usahakan tulis Contact dilaman tersebut sebelum blog menyimpan dengans sendirinya.

Biasanya walaupun menu navigasi tersebut belum dipublikasikan blog akan menyimpan secara otomatis dalam waktu kurang lebih 10 detik sehingga harus cepat dan jika ada kesalahan dia akan berpengaruh ke url menu navigasi pada blog kalian. Sebagai contoh ini url menu navigasi Contact di blog saya https://www.muhamadyogi.com/p/contact.html nah itu menu url yang seharusnya dan enak dipandangnya juga. Jika kalian misalnya kalian menulis judul menu salah dalam waktu 10 detik itu akan tersimpan langsung dan menjadi url menu navigasi blog anda.

Sebagai contoh anda harus mengetik di judul halaman yaitu Contact tapi anda malah menulis Contak nah itu jika dalam waktu sekitar kurag lebih 10 detik tidak keburu untuk memperbaikinya maka akan langsung tersimpan dan menjadi url dari menu navigasi Contact pada blog kalian dengan url sebagai berikut https://www.muhamadyogi.com/p/contak.html.

Walaupun kalian mengedit kembali judulnya di ganti dengan Contact akan tetap saja url https://www.muhamadyogi.com/p/contak.html. Jika kalian mengahapus menu tersebut dan membuat ulang menu navigasi contact tersebut url menu navigasi biasanya akan seperti https://www.muhamadyogi.com/p/page_20.html dengan angka puluhan dan kelipatannya biasanya demikian. Bagaimana solusinya nanti akan di bahas di tutorial yang terpisah yah.

Ketiga
Jika kalian sudah membuat Judul Contact pilih mode HTML dan copy kode script dibawah ini dan pastekan di mode HTML tersebut dan klik Publikasikan.
<form id="kontak" name="contact-form">
<div class="top">
<input id="ContactForm1_contact-form-name" name="name" placeholder="Nama" size="30" type="text" />
<input id="ContactForm1_contact-form-email" name="email" placeholder="Email" size="30" type="text" />
</div>
<textarea cols="25" id="ContactForm1_contact-form-email-message" name="email-message" placeholder="Isi pesan" rows="5"></textarea>
<input class="ripple" id="ContactForm1_contact-form-submit" type="button" value="Kirim Pesan" />
<br />
<div class="bottom">
<div id="ContactForm1_contact-form-error-message">
</div>
<div id="ContactForm1_contact-form-success-message">
</div>
</div>
</form>
<script src="https://www.blogger.com/static/v1/widgets/2271878333-widgets.js" type="text/javascript"></script>
<script>//<![CDATA[
if (typeof(BLOG_attachCsiOnload) != 'undefined' && BLOG_attachCsiOnload != null) { window['blogger_templates_experiment_id'] = "templatesV1";window['blogger_blog_id'] = '8285377577769750088';BLOG_attachCsiOnload(''); }_WidgetManager._Init('//www.blogger.com/rearrange?blogID\x3d8285377577769750088','//muhamadyogi.com/','8285377577769750088');
_WidgetManager._RegisterWidget('_ContactFormView', new _WidgetInfo('ContactForm1', 'footer1', null, document.getElementById('ContactForm1'), {'contactFormMessageSendingMsg': 'Sending...', 'contactFormMessageSentMsg': 'Your message has been sent.', 'contactFormMessageNotSentMsg': 'Message could not be sent. Please try again later.', 'contactFormInvalidEmailMsg': 'A valid email address is required.', 'contactFormEmptyMessageMsg': 'Message field cannot be empty.', 'title': 'Contact Form', 'blogId': '8285377577769750088', 'contactFormNameMsg': 'Name', 'contactFormEmailMsg': 'Email', 'contactFormMessageMsg': 'Message', 'contactFormSendMsg': 'Send', 'submitUrl': 'https://www.blogger.com/contact-form.do'}, 'displayModeFull'));
//]]></script>

Catatan


Ganti angka yang ada di warna Hijau dengan ID blog kalian.
Ganti alamat blog yang di Warna Kuning dengan alamat blog kalian.

Oh iya kalian juga boleh membuat tulisan dulu misalnya “Untuk menghubungi admin blog silahkan isi form di bawah ini” dan kode script yang tadi pastekan dibawah kalimat tersebut dan klik publikasikan.

2 komentar untuk "Cara Membuat Menu Navigasi Contact di Blog"

  1. Cuma sekedar masukan, tulisan dalam post sangat kecil, susah dibacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan akan diperbesar. Sesegera mungkin

      Hapus