This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

My Photo
Do it before it is too late.

Pengikut

Blog Archive

Labels

Cara Menggabungkan Beberapa File PDF dengan Adobe Acrobat


Data atau File dengan Format PDF mungkin tidak asing lagi bagi kita semua. Kalian pasti sering membuat berbagai data milik kalian yang asalnya data asli (Hard) di rubah atau di konversi menjadi data digital dengan Format PDF. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat hampir seluruh pekerjaan manusia menjadi ringan termasuk merubah data asli atau Hard menjadi data digital dengan berbagai format data termasuk PDF.

Beberapa dokumen yang biasanya banyak orang merubahnya menjadi data digital dengan format PDF diantarnya: Ijazah, Transkrip, CV, Photo, Akta, Sertifikat dan berbagai surat atau dokumen lainnya. File dengan Format PDF tersebut selain untuk disimpan sebagai data untuk kepentingan pribadi yang suatu waktu mungkin kita memerlukannya atau juga untuk menjaga-jaga jika data yang aslinya hilang, juga dapat digunakan untuk berbagai hal, sebagai contoh salah satunya sekarang file tersebut dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem online dalam menerima calon karyawannya yang meminta kita mengirimkan, mengupload atau menginput data digital dengan format PDF.

Pendaftaran CPNS juga biasanya salah satu syaratnya meminta kita untuk mengupload data dengan format PDF. Format file PDF sekarang menjadi salah satu yang paling banyak digunakan semua orang untuk berbagai kegiatan atau kepentingan salah satunya untuk melamar pekerjaan.

Namun perlu diketahui biasanya kita diminta data PDF yang sudah tergabung menjadi satu file sebagai contoh Ijazah dan Transkrip Akademik biasanya data tersebut diminta harus sudah digabungkan atau menjadi satu file atau terkadang Surat Lamaran dan CV diminta digabungkan dalam satu file.

Mungkin masih banyak orang diantara kalian yang masih kebingungan bagaimana cara mengabung beberapa file PDF menjadi satu file? atau mungkin kalian sudah bisa menggabungkannya akan tetapi menggunakan aplikasi online yang harus terkoneksi dengan jaringan internet. Padahal perlu di ketahui bahwa menggabungkan file tersebut sangat mudah bahkan tidak perlu dengan aplikasi online.

Cukup dengan aplikasi bawaan yang sudah terinstal di PC atau laptop kalian. Biasanya di PC atau Laptop kalian sudah terinstal aplikasi Adobe Acrobat Pro, nah aplikasi tersebut dapat membantu anda menggabungkan beberapa file PDF ada menjadi satu dengan sangat mudah.

Berikut adalah cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file dengan menggunakan Adobe Reader atau Adobe Acrobat Pro serta sejeninsya.

Pertama
Buka salah satu file yang akan kalian gabungkan dengan Adobe Acrobat Pro, sebagai contoh saya akan menggabungkan Ijazah dan Transkrip Akademik saya menjadi satu file.

Pilih File PDF Ijazah, klik kanan dan pilih buka file dengan Adobe Acrobat


Inilah tampilan Ijazah yang saya akan gabungkan menjadi satu file dengan Transkrip Akademik.


Kedua
Pilih dan klik tool Insert Page From Another File


Maka akan terhubung atau menuju kepada dokumen yang akan kita gabung menjadi satu file, tinggal anda cari dimana letak file yang akan digabungkan tersebut.

Pilih file yang akan kita gabungkan dalam hal ini adalah Transkrip Akademik dan kilik Select atau pilih.


Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut:


Catatan/Keterangan :
  • Jika kalian ingin membuat transkrip akademik dihalaman pertama atau paling depan maka kalian pilih Before pada Location di kotak tampilan yang mucul
  • Jika kalian ingin membuat Transkrip Akademik dihalaman kedua setelah Ijazah maka pilih After pada Location di Kotak tampilan yang muncul
  • Pada tampilan kotak tersebut juga ada menu First dan Last, menu tersebut hampir sama fungsinya dengan Before dan After. Jika kalian memilih First, maka halaman atau file yang dipilih akan bertempat di halaman paling awal dan jika kalian memilih Last, maka halaman atau file yang kalian pilih akan bertempat di halaman paling akhir pada file tersebut.
Ketiga
Karena saya akan menempatkan file Transkrip Akademik sesudah Ijazah maka selajutnya pilih After lalu klik dan hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:


Gambar di atas adalah tampilan hasil dari pengabungan file PDF Ijazah dan Transkrip Akademik yang sudah menjadi satu file dengan menggunakan Adobe Acrobat.

Jika kalian ingin menambahkan atau menggabungkan file lebih banyak lagi tinggal ulangi tutorialnya saja seperti cara sebagaimana yang sudah di contohkan.

Perlu diketahui juga yah untuk bentuk file PDF yang akan digabung akan sesuai dengan bentuk bawaan filenya seperti file Ijazah dan Transkrip Akdemik yang saya gabungkan ini File Ijazah memiliki bentuk Landscape sementara Transkrip Akademik memiliki bentuk Potrait maka bentunya jika digabungkan akan tetapa seperti bentuk bawaan atau bentuk semula.

Baik kawan bagaimana mudahkan? Jadi mengabungkan file PDF tidak perlu lagi pake aplikasi atau software online cukup pake aplikasi atau software bawaan komputer seperti Adobe Reader atau Adobe Acrobat yang terinstal di PC atau Laptop kalian.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Post a comment