This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

Cara Menghapus Beberapa Halaman dalam File PDF dengan Adobe Acrobat


Bagi sebagian besar orang mungkin banyak yang mengalami kesulitan untuk menghapus halaman dalam file PDF yang jumlahnya cukup banyak dalam satu file. Sebagai contoh file PDF yang berisi pengumuman kelulusan biasanya jumlah halamannya banyak karena memuat banyak daftar nama yang lulus, akan tetapi kita hanya membutuhkan satu halaman saja yang berisi penguman tentang kelulusan diri kita sendiri.

Ada juga beberapa kasus misalnya kalian mempunyai file PDF yang berisi Ijazah, Transkrip Akademik, CV, Sertifikat dan berkas pendukung lainnya akan tetapi anda hanya membutuhkan file PDF Ijazah dan Transkrip Akdemik saja sehingga file CV,  Sertifikat serta berkas pendukung lainnya harus dihapus.

Mungkin sebagian besar orang sudah pasti menggunakan sofware atau aplikasi online yang tentunya lebih mudah digunakan namun harus terkoneksi dengan Internet untuk menghapus beberapa halaman dalam satu file PDF tersebut. Padahal masih ada cara lain yang sebenarnya lebih mudah untuk menghapus halaman file PDF tersebut tanpa harus terkoneksi dengan Internet.

Cara menghapus beberapa halaman PDF tersebut bisa dilakukan dengan sofware atau aplikasi bawaan komputer yang biasanya sudah terinstal di Personal Computer atau di Laptop kalian tanpa perlu ada koneksi Internet atau offline. Cara ini sangat mudah sekali dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mempraktekkanya.

Adobe Reader atau Adobe Acrobat adalah jawabannya dengan kedua sofware atau aplikasi ini kita dengan mudah dapat menghapus halaman yang kita inginkan dalam file PDF denga mudah dan cepat, lalu bagaimana langkah-langkah cara menghapus laman file PDF dengan menggunkan Adobe Reader atau Adobe Acrobat ini? kalian bisa mencobanya dengan tutorial dibawah ini!

Sebagai contoh saya akan menghapus halaman PDF yang berisi dua halam satunya adalah Ijazah yang satunya lagi adalah Transkrip Akademik yang saya akan hapus dalam file tersebut adalah Ijazah berikut langkah-langkahnya:

Pertama
Pilih File PDF yang akan kita hapus jumlah halamannya dengan cara: klik kanan lalu pilih Open with lalu pilih Adobe Acrobat.



Lalu akan muncul tampilan berikut:



Nah kemudian jika diperhatikan file PDF tersebut berisi dua halaman. Halaman pertama berisi file PDF Ijazah dan halaman kedua berisi file PDF Transkrip Akademik.

Kedua
Klik page thumbnails atau thumbnails image untuk memastikan atau melihat jumlah file tersebut. Sebenarnya juga untuk memastikan jumlah halam tersebut bisa juga dengan melihat atau mengklik tool Show next page (right now) seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini:



Selanjutnya untuk memastikan kembali jumlah halaman pada file PDF yang akan kita hapus, anda perkecil saja dengan tekan atau klik tool Zoom it sampai dengan ukuran 25% maka ukuran akan mengecil dan akan terlihat jumlah halaman tersebut yaitu dua halaman.



Ketiga
Untuk menghapus halaman Ijazah maka caranya dengan arahkan kursor ke halaman Ijazah tekan atau block sampai terlihat berwana agak kehitaman.



Lalu pilih tool Delete page seperti gambar di bawah ini:



Maka selanjutnya akan muncul kotak seperti gambar di bawah ini:



Selanjutnya anda klik ok lalu akan muncul kembali kotak seperti di bawah ini yang berisi pertanyaan yang artinya apakah anda yakin ingin menghapus halaman 1, lalu klik ok. 



Catatan:
Jika file PDF berisi belasan, puluhan, ratusan atau ribuan halaman yang akan anda hapus maka anda tinggal mengisi kota Delet Page seperti gambar di atas dari halaman berapa sampai halaman berapa misalnya sebagai contoh anda akan menghapus dari halaman 50 sampai halaman ke 5 maka isikan dalam kotak Page 50 to 5 lalu klik Ok dan kembali akan muncul kotak pertanyaan untuk memastikan keyakinan anda dalam menghapus file halaman tersebut dan selajutnya klik Ok maka halam 50 sampai 5 akan terhapus dari dalam file PDF anda.

Nah inilah hasil dari penghapusan halaman Ijazah atau halaman pertama pada file PDF yang tadi kita hapus sehingga hanya menyisakan 1 halaman saja yaitu halaman file Transkrip Akademik saja. 



Jadi Bagaimana gampangkan? Tidak butuh koneksi internet, tidak rumit, mudah sekali untuk dipraktekan bahkan untuk menghapus puluhan, ratusan bahkan ribuan halaman sekaligus.

Selamat mencoba.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar