This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

Cara Merotasi Halaman dalam File PDF dengan Menggunakan Adobe Acrobate


Jika kalian ingin merotasi atau memutar arah dari tampilan halaman file PDF yang kalian miliki, caranya gampang sekali. Kalian tidak perlu menggunakan bantuan dari software atau aplikasi online. Kalian bisa merotasi halaman file PDF sesuai dengan keinginan kalian. Apakah file tersebut mau dirotasi 90° atau 180° atau di rotasi dari bentuk awal potrait menjadi landscape atau sebaliknya dari bentuk halaman landscape menjadi potrait.

Perlu kalian ketahui juga bahwa kita dapat merotasi halaman file PDF dengan jumlah halaman yang sangat banyak sekaligus, apakah itu file berisi belasan, puluhan, ratusan atau bahkan ribuan halaman. Kita dapat merotasi atau memutar beberapa atau sebagian dari halaman file PDF yang kita inginkan. Semuanya dapat kalian rotasi dengan mudah, tepat dan cepat.

Bagaimana caranya? sangat mudah sekali, kalian cukup menggunakan Adobe Reader atau Adobe Acrobate untuk merotasi atau memutar seluruh halaman dalam file PDF kalian. Untuk beberapa PC atau Laptop biasanya Adobe Reader atau Adobe Acrobat sudah diinstalkan oleh toko atau tempat dimana kalian membeli PC atau Laptop tersebut.

Namun jika di PC atau Laptop kalian belum terinstal aplikasi atau software tersebut. Kalian hanya tinggal menggunduhnya saja di website resminya. Ukuran softwarenya juga kecil sehingga tidak akan menghabiskan space RAM pada Computer atau Laptop kalian. Jika aplikasi atau software tersebut sudah tersintal di Computer atau Laptop kalian ikuti langkah-langkah berikut untuk merotas halamani file PDF kalian.

Pertama
Buka file PDF yang akan dirotasi dengan cara: klik kanan pada file PDF tersebut, lalu pilih Open with lalu pilih Adobe Acrobat.


Maka akan muncul tampilan halaman file PDF yang kita akan rotasi sebagai berikut:



Kedua
Cari dan klik tool Rotate page, biasanya terletak di menu baris kedua seperti pada gambar di bawah ini:



Jika tool Rotate page tidak terletak di menu barisan kedua seperti pada gambar diatas, maka cara selanjutnya adalah dengan klik menu Tools yang ada pada sebelah kanan atas pada file yang akan di Rotasi, lalu pilih dan klik Page dan pilih dan klik Rotate page seperti gambar di bawah ini:



Ketiga
Setelah itu maka akan muncul tampilan sebagai berikut:



Tampilan kotak Rotasi page tersebut untuk mengatur berapa derajat kita akan merotasi atau memutar halaman file tersebut apakah 90° atau 180°. Nah kali ini kita akan mencoba merotasi file tersebut 90°, maka pada kolom Direction plih Clockwise 90 degrees lalu pada Page Range pilih All. Jika kalian ingin merotasi file tersebut 180° maka pilih 180 degrees pada Page Range.

Perlu diketahui bahwa file yang dirotasi tersebut berisi 6 halaman maka ke 6 halaman tersebut akan berotasi 90°.

Catatan:

Nah kita juga dapat merotasi beberapa atau sebagian saja dari halama tersebut sisanya akan tetap pada posisi dan bentuk awal. Kita tinggal atur pada Page Range klik Page isi from 1 to 3 of 6 maka yang akan berotasi 90° hanya halaman 1 sampai dengan halaman 3 sementara halaman 4 sanpai dengan 6 tidak akan berubah akan tetap pada posisi dan bentuk awal.

Keempat
Nah, tadi kan kita merotasi semua halaman tersebut 90° maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:


Bagaimana mudahkan merotasi file PDF itu? tidak perlu waktu yang lama, kita bisa merotasi banyak halaman file PDF sesuai dengan keinginan kita dengan cepat, tepat, efektif dan efisien.

Selamat Mencoba.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar