D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

My Photo
Do it before it is too late.

Pengikut

Blog Archive

Labels

Cara Memecah File PDF Menjadi Banyak (Split Document) dengan Menggunakan Adobe Acrobat


Memecah file PDF menjadi banyak atau dalam bahasa Inggris yaitu Split Document into multiple files merupakan hal yang sangat mudah. Namun perlu diketahui sampai saat ini masih banyak orang yang kebingungan bagaimana cara melakukannya hal terebut? padahal caranya sangat sederhana sekali. Memecah file PDF menjadi banyak, pada dasarnya sangat mudah, kalian dapat melakukannya dalam waktu yang sangat cepat, kita bisa memecah, memisahkan atau memotong satu file PDF yang berisi banyak halaman menjadi beberapa file atau banyak file sesuai dengan yang kita butuhkan.

Sebagai contoh kita mempunyai satu file PDF yang berisi 100 halaman nah sementara halaman yang kita butuhkan hanya halaman 46 dan 75 saja. Jika menghapusnya satu persatu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah supaya cepat maka caranya dengan memecah file PDF yang berisi 100 halaman tersebut menjadi 100 file. Setelah dipecah barulah kita ambil halaman 46 dan 75 hasil dari hasil memecah, memotong atau memisahkan halaman tersebut.

Contoh lainnya seperti pengumuman hasil seleksi masuk perguruan tinggi, biasanya ada beberapa perguruan tinggi yang mengumumkan peserta yang lulus seleksi atau diterima dengan file PDF yang harus di unduh oleh calon mahasiswa di website kampus tersebut. Nah biasanya dalam file PDF tersebut memuat banyak halaman yang berisi daftar nama calon mahaiswa yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi.

Nama kalian terdapat pada file PDF tersebut di halaman 89 dari total 150 halaman. Tentunya file dari nomor halaman 1-88 dan 90-150 tidak kalian butuhkan karena merupakan file yang berisi identitas dari peserta lain yang lulus dan diterima dikampus tersebut. Cara tercepat untuk mengambil file di halaman 89 yang berisi identitas atau kelulusan anda tersebut adalah dengan memecah file yang berisi 150 halaman tersebut menjadi 150 file. Mengapa menjadi 150 file? karena 1 file yang berisi 150 halaman tersebut dipecah, dipotong atau dipisahkan per setiap 1 halaman. Jadi karena ada 150 halaman dalam 1 file PDF maka jika dipecah akan menjadi 150 file.

Jadi pada dasarnya memecah file PDF sama dengan memotong atau memisahkan file tersebut perhalaman, per dua halaman per tiga halaman dan seterusnya. Jika file tersebut berisi 100 halaman maka nantinya jika kita memecah, memisahkan atau memotongnya maka 1 file yang berisi 100 halaman tersebut akan menjadi 100 file karena dipecah per setiap halaman. Perlu diketahui juga bahwa kita juga dapat memecah, memisah atau memotong halaman file PDF sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita.

Kita dapat memecah 1 file PDF yang berisi banyak halaman menjadi terpecah, terpisah atau terpotong per setiap 1 halaman, 2 halaman, 3 halaman, 4 halaman atau setiap 5 halaman dan seterusnya sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita. Kita bisa mengaturnya sendiri dengan leluasa dengan cepat dan tepat.

Sebagai Contoh kita mempunyai file PDF yang berisi 10 halaman kita bisa memecah, memisahkan atau memotongnya file PDF tersebut menjadi 10 file itu artinya kita memecah file tersebut per setiap 1 halaman. Kita juga bisa memecah 1 file yang berisi 10 halaman tersebut menjadi 5 file PDF, itu artinya kita memecah file tersebut per setiap 2 halaman. Terus kita juga bisa memecah file PDF yang berisi 10 halaman tersebut menjadi 2 file PDF itu artinya kita memecah file tersebut per setiap 5 halaman.

Saya yakin masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara paling mudah efektif dan efisien untuk memecah file PDF yang berisi belasan, puluhan, ratusan atau ribuan file tersebut. Saya yakin diantara kalian pastis sebagian besar memecah file PDF dengan menggunakan flatform, software atau aplikasi yang harus terkoneksi dengan jaringan internet. Betul demikian kan?

Perlu diketahui bahwa untuk memecah file PDF yang berisi puluhan, ratusan atau ribuan halaman tidak perlu menggunakan flatform, software atau aplikasi online, akan tetapi bisa dengan cara offline yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi atau software yang biasanya sudah terinstal di Computer atau Laptop kalian yaitu dengan menggunakan Adobe Acrobat atau Adobe Reader. Jika di Computer atau di Laptop kalian belum terinstal software atau aplikasi tersebut, kalian dapat mengunduhnya di website resminya secara gratis.

Adobe Acrobat dan Adobe Reader dapat membantu kalian untuk memecah, memotong atau memisahkan file PDF yang berisi belasan, puluhan, ratusan atau bahkan berisi ribuan halaman dengan sangat mudah, tidak perlu waktu yang lama, bisa dilakukan dalam hitungan detik dan tanpa koneksi jaringan Internet. Tentunya saya pastikan cara ini akan betul-betul sangat membantu kalian.

Bagaimana cara memecah file PDF menjadi banyak atau Split Document into multiple files dengan menggunakan Adobe Acrobat tersebut? kalian cukup mengikuti langkah-langkah yang saya akan contohkan di bawah ini dengan teliti dan seksama.

Sebagai Contoh saya akan memecahkan 1 File PDF yang berisi 6 halaman yang terdiri dari halaman 1 berisi sertifikat SM-3T, halaman ke 2 berisi sertifikat Piagam Penghargaan, halaman ke 3 berisi sertifikat KMD, halaman ke 4 berisi sertifikat Bela Negara, halaman ke 5 berisi sertifikat Pelatihan Prakondisi SM-3T dan halaman terakhir ke 6 berisi sebagai Guru Pendamping pada LDKS.

Nah, 1 File PDF yang berisi 6 halaman ini akan saya pecahkan menjadi 6 file artinya file tersebut dipecahkan per setiap 1 halaman, maka akan menghasilkan 6 file. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama
Cari file PDF yang akan dipecahkan atau di split, pilih klik kanan pada file tersebut, pilih Open with, lalu pilih Adobe Acrobat.


Maka akan muncul tampilan halaman file PDF sebagai berikut:


Perhatikan gambar yang dilingkari pada gambar diatas itu menunjukan jumlah halaman yang ada pada file tersebut yaitu berjumlah 6 halaman.

Kedua
Cari tool Split document into multiples files


Ketiga
Jika tool Split document into multiple files pada menu baris kedua tidak ada, maka kalian dapat mencarinya pada menu tools yang ada di sebelah kanan file yang akan dipechakan. Klik Tools maka akan muncul Page lalu tinggal pilih atau klik tool Split document into multiple files, maka akan muncul tampilan kotak sebagai berikut:


Pada kotak tersebut kita isi dengan angka 1 pada kolom kecil Max pages dibawah Number of pages lalu klik ok, maka file PDF yang berisi 6 halaman tersebut sudah terpecah menjadi 6 file dan hasilnya akan tersimpan di tempat file PDF yang berisi 6 halaman tersebut diletakan.

Catatan:
  • Jika kalian ingin memecah file PDF yang berisi 6 halaman tersebut menjadi 3 file maka pada kolom Max page kalian tinggal mengisi angka 2 dan klik ok.
  • Jadi intinya jika kalian memasukan angka 1 pada kotak Max page tersebut itu artinya kalian memecah file per setiap 1 halaman maka akan menghasilkan 6 file dari 1 file PDF yang berisi 6 halaman tersebut.
  • Jika kalian memasukan angka 2 pada kota Max page tersebut itu artinya kalian memecah file per setiap 2 halaman, maka akan menghasilkan 3 file dari 1 file yang berisi 6 halaman tersebut.
  • Jika kalian memasukan angka 3 pada kota Max page tersebut itu artinya kalian memecah file per setiap 3 halaman, maka akan menghasilkan 2 file dari 1 file PDF yang berisi 6 halaman tersebut.
  • Jika kalian memasukan angka 4 pada kota Max page tersebut itu artinya kalian memecah file per setiap 4 halaman, maka akan menghasilkan 2 file dari 1 file yang berisi 6 halaman tersebut. File pertama akan berisi 4 halaman dan file yang kedua akan berisi 2 halaman.  
  • Perlu diketahui file PDF yang isi halamannya gajil tetap dapat dipecahkan, dipisah atau dipotong sebagai contoh kalian mempunyai 1 file PDF yang berisi 5 halaman namun kalian akan memecahnya menjadi 2 file maka hasilnya adalah 1 file akan berisi 2 halaman dan 1 file lagi akan berisi 3 halaman. Jadi hasilnya akan menyesuaikan dengan jumlah angka pemecah namun sisanya akan menyesuaikan dengan sisa halaman ganjilnya.
Setalah kalian mengisi kolom Max Page dengan angka 1, kalian tinggal klik ok, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


Dokumen atau file PDF kalian berhasil di pecah atau di Split menjadi 6 file, lalu kalian tinggal klik ok.

Untuk melihat hasil dari pemecehan, pemisahan atau pemotongan yang kalian sudah lakukan. Kita tinggal mencari dokumen atau file tersebut ditempat dimana kalian meletakan file tersebut sebelumnya.

Baik inilah hasil dari 1 file PDF yang berisi 6 halaman yang dipecahkan menjadi 6 file tersebut.


File yang dilingkari merupakan file PDF awal yang berisi 6 halaman sebelum dipecah, sedangkan file yang sebelahkanannya dengan nama file yang sama namun ada tambahan kata pada nama file tersebut yaitu Part1, Part2, Part3, Part4, Part5 dan Part6 adalah file hasil dari pemecahan, pemisahan atau pemotongan yang tadi kita lakukan. File tersebut berjumlah 6 karena tadi kita memecahnya per setiap 1 halaman maka hasilnya akan berjumlah 6 file.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Post a comment