Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Perguruan Tinggi Top 3 di Dunia adalah Universitas Swasta


Jika melihat data di Indonesia, rangking atau peringkat perguruan tinggi banyak di isi oleh universitas-universitas negeri milik pemerintah seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Perguruan Tinggi swasta seperti mustahil bisa berada pada peringkat pertama di Indonesia, namun berbeda dengan di Amerika ternyata perguruan tinggi terbaik di negaranya itu merupakan universitas Swasta yang merupakan universitas terbaik di Dunia.

Perlu diketahui bahwa banyak perguruan tinggi swasta di Amerika Srikat yang menjadi universitas terbaik di dunia, berikut adalah 3 universitas swasta yang menjadi Top 3 di Dunia.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology atau disingkat MIT merupakan universitas swasta yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi. 


Didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi.

Departemen dan sekolah yang paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 dari anggota dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel.

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rangkings MIT merupakan Universitas Terbaik No. 1 di Dunia Tahun 2021, Terbaik No.1 di Dunia versi UniRank, ke 5 terbaik di Dunia versi The Times Higher Education University tahun 2020, Terbaik ke 3 di Dunia versi Webometrick Tahun 2020.

2. Harvard University

Harvard University adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia. Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.


Harvard University merupakan salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia yaitu (US$22,6 miliar pada tahun 2004), hampir dua kali lipat dariUniversitas Yale, pesaing terdekatnya).

Rangking universitas Amerika Serikat keluaran US News tahun 2005 menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama. Harvard juga meraih urutan pertama pada tahun 2004, setelah lima tahun di posisi kedua dan ketiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga menempatkan Harvard University di urutan pertama.

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rangkings Harvard merupakan Universitas Terbaik No. 3 di Dunia Tahun 2021, Terbaik No. 2 di Dunia versi UniRank, ke 7 terbaik di Dunia versi The Times Higher Education University tahun 2020, Terbaik No. 1 di Dunia versi Webometrick Tahun 2020.

3. Stanford University

Stanford University adalah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis. 


Stanford University terletak di kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu bumi, dan Humaniora serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan.

Stanford University didirikan oleh raja kereta api, Gubernur California, Senator dan Pimpinan Partai Republik Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Universitas ini diberi nama untuk menghormati anak tunggal mereka, Leland Stanford, Jr. yang meninggal dunia karena tipus hanya beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-16. Pada pagi hari kematian anak mereka, Leland Sr. konon berkata kepada istrinya, “Anak-anak di California akan menjadi anak-anak kita.” dan mereka segera memutuskan untuk mencari cara yang abadi untuk mengenang anak tercinta mereka.

Keluarga Stanford mengunjungi beberapa Universitas besar di timur untuk mengumpulkan ide. Sebuah legenda, tersebar luas di internet tetapi tidak benar, menggambarkan pasangan Stanford sebagai orang desa yang memutuskan untuk membangun Universitas sendiri setelah ditolak penawarannya untuk menghadiahkan sebuah gedung kepada Harvard. 

Mereka memang mengunjungi Presiden Harvard tetapi diterima dengan baik dan diberi saran-saran cara memulai sebuah Universitas di California. Sejak awal mereka membuat beberapa pilihan non tradisional: universitas akan campuran, di saat kebanyakan laki-laki semua; non-Agama, ketika sebagian besar terkait dengan organisasi keagamaan dan praktis terus terang, menghasilkan "warga negara yang berbudaya dan berguna" ketika sebagian besar hanya peduli dengan pendahulunya.

Masyarakat setempat dan orang-orang yang berafiliasi dengan universitas ini menyebut sekolah ini sebagai Peternakan, yang merujuk kepada kenyataan bahwa universitas ini terletak di lokasi bekas peternakan kuda Leland Stanford.

Dana pembangunan universitas ini ditulis pada 11 November 1885 dan diterima oleh Dewan Pengurus pertama universitas ini pada 14 November. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada 14 Mei 1887 dan universitas ini secara resmi dibuka pada 1 Oktober 1891. Ramalan surat kabar New York bahwa Profesor Stanford akan "mengajar di aula marmer kepada kursi kosong" terbukti salah. 

Murid pertama terdiri dari 559 mahasiswa-mahasiswi, dengan uang kuliah gratis dan 15 dosen, 7 di antaranya berasal dari Universitas Cornell. Sekolah ini didirikan untuk laki-laki maupun perempuan, meskipun untuk jangka waktu yang lama penerimaan mahasiswinya dibatasi. 

Hal ini bukan disebabkan oleh sentimen anti perempuan, melainkan karena kekhawatiran di pihak Jane Stanford, yang merasa bahwa tanpa pembatasan itu, sekolah ini dengan segera akan penuh dengan mahasiswi saja, yang dianggapnya tidak cocok dengan maksudnya semula untuk menjadikan universitas ini sebagai peringatan untuk anak lelakinya. Presiden pertama adalah David Jordan, lulusan Cornell, yang meninggalkan jabatannya sebagai presiden Indiana University untuk bergabung dengan petualangan keluar Barat.

Motto resmi Universitas Stanford, yang dipilih oleh suami-istri Stanford, adalah "Die Luft der Freiheit weht." Kutipan dalam bahasa Jerman ini berasal dari Ulrich von Hutten yang berarti "Angin kebebasan berhembus." Pada waktu sekolah ini didirikan, bahasa Jerman baru saja menggantikan bahasa Latin sebagai bahasa yang dominant dalam sains dan filsafat (posisi ini dipertahankan hingga pecahnya Perang Dunia II).

The Stanfords melibatkan Frederick Law Olmsted, arsitek lanskap yang terkenal yang menciptakan New York's Central Park, untuk merancang rencana fisik universitas. Kolaborasi ini diperdebatkan, tetapi akhirnya menghasilkan dua sudut pada sumbu timur-barat. Hari ini, dengan Stanford terus berkembang, arsitek universitas berusaha untuk menghormati rencana asli universitas.

Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rangkings Stanford merupakan Universitas Terbaik No. 2 di Dunia Tahun 2021, Terbaik No. 3 di Dunia versi UniRank, ke 4 terbaik di Dunia versi The Times Higher Education University tahun 2020, Terbaik No. 2 di Dunia versi Webometrick Tahun 2020.

Itulah 3 Universitas Swasta yang menjadi Universitas Terbak di Dunia. Selain MIT, Harvard dan Stanford masih banyak Universitas Swasta yang menjadi perguruan tinggi terbaik di Dunia seperti Yale University, Princeton University, University of Pennsylvania serta yang lainnya. 


Referensi:
topuniversities.com
4icu.org
webometrick.info
timeshighereducation.com
id.wikipedia.org

Posting Komentar untuk "Ternyata Perguruan Tinggi Top 3 di Dunia adalah Universitas Swasta"