This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

PPG PKn : Kelas Tercinta & Terkasih.


Pendidikan Profesi Guru atau sering singkat PPG merupakan program pendidikan yang harus ditempuh oleh seorang calon guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik. PPG merupakan progaram pendidikan tinggi yang dilaksanakan setelah program pendidikan Strata Satu atau Diploma IV yang tujuannya tidak lain untuk mempersiapkan peserta didik atau mahasiswa untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan dan keahlian khusus menjadi Guru.

Pendidikan Profesi Guru sendiri harus ditempuh dalam waktu 1 tahun, setelah setelah seorang calon guru lulus dari program Strata Satu atau Diploma IV baik dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. Pada dasarnya PPG ini merupakan program sertifikasi guru pengganti Akta IV yang sudah tidak berlaku terhitung sejak tahun 2005. Selain itu PPG juga merupakan pengganti sertifikasi melalui jalur PLPG (Program dan Latihan Profesi Guru) yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2017. Jadi tidak ada lagi jalur sertifikasi serperti Akta IV dan PLPG, terhitung sejak tahun 2018 semua sertifikasi Guru harus melalui PPG.

Program PPG sendiri memiliki banyak jenisnya salah satunya yang penulis alami yaitu PPG Pasca SM-3T Angkatan VI Tahun 2018. PPG Pasca SM-3T ini merupakan program yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program PPG SM-3T merupakan Program sertifikasi guru khusus bagi mereka yang telah melakukan pengabdian di daerah 3T selama 1 tahun program ini dinamakan SM-3T yaitu: Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal.

Penulis sendiri merupakan alumni SM-3T UPI Angkatan VI Tahun 2016 penempatan Kab. Asmat Provinsi Papua. Program SM-3T sendiri sudah dihentikan sejak tahun 2017 sehingga secara otomatis program PPG SM-3T pun sudah tidak ada lagi. Terakhir program PPG SM-3T yaitu PPG SM-3T Angkatan VI Tahun 2018.

Terkait PPG, penulis akan berbagi sedikit cerita mengenai pengalaman penulis selama melaksanakan program PPG pada departemen atau program studi PPKn di Universitas Pendidikan Indonesia. Sesuai dengan judul pada artikel ini “PPG PKn: Kelas Tercinta dan Terkasih”. Penulis dipertemukan dengan 17 orang hebat yang sebelumnya berjuang di daerah di 3T untuk Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia.

ARTIKEL INI BELUM BERES GAN SIS DILANJUT BESOK MALAM YAH, ADA SEKITAR 1500 KATA LAGI YANG HARUS DI KOREKSI DULU SEBELUM SAYA POSTING. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar