This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

My Photo
Do it before it is too late.

Pengikut

Blog Archive

Labels

Cara Mengkonversi File PDF Menjadi Word dengan Menggunakan Adobe Acrobat


Adobe Acrobat merupakan salah satu aplikasi atau software Computer yang memiliki fungsi utama untuk membuka file dengan format PDF. Perlu diketahui bahwa selain fungsi utama yang tadi, ternyata masih banyak fungsi lain yang bisa kita gunakan dalam aplikasi Adobe Acrobat ini seperti: mengkonversi, memecah, menggabungkan, merotasi, menghapus halaman file dan lain sebagainya. Banyak sekali fungsi dari Adobe Acrobat yang kita dapat gunakan untuk berbagai keperluan kita.

Pada tutorial kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara mengkonversi file dengan format PDF menjadi file dengan format Word dengan menggunakan Adobe Reader. Seperti kita ketahui banyak orang yang mungkin belum tahu bahwa Adobe Acrobat ini dapat mengkonversi atau merubah format file. Padahal jika kita sudah tahu dan paham cara menggunakannya merubah format atau mengkonversi file dari PDF menjadi Word sangatlah mudah sekali.

Adobe Acrobat menjadi salah satu aplikasi yang menurut saya wajib kalian install pada Computer atau Laptop kalian, karena memiliki banyak manfaat atau kegunaan yang dapat membantu kita. Selain itu menggunkana Adobe Acrobat ini sangatlah mudah sekali, bahkan untuk orang yang tidak familir menggunkan Computer sekalipun. Keunggulan dari Adobe Acrobate ini adalah selain tidak perlu terkoneksi jaringan Internet juga tools yang mudah digunkan dan langkah-langkah atau tahapannya sedikit serta mudah untuk dipahami.

Seperti pada tutorial kali ini yang akan membahas bagaimana cara mengkonversi atau merubah format file PDF menjadi Word dengan cepat dan mudah. Kalian dapat mengkonversi file PDF yang berisi satuan, belasan, puluhan, ratusan bahkan sampai dengan ribut halaman dengan sangat mudah dalam hitungan detik. Inilah salah satu alasan saya mengapa Adobe Acrobat itu wajib di kita instal pada Computer atau Laptop kita.

Mari kita langsung pada langkah-langkah bagaimana cara merubah atau mengkonversi file PDF menjadi Word dengan menggunakan Adobe Acrobat. Kalian ikuti langkah-langkah berikut dengan teliti dan fokus agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukannya.

Pertama
Pilih file PDF yang akan dikonversi menjadi file Word. Kali ini kita akan mengkonversi file dengan nama “DAFTAR HADIR PESERTA DIDIK” » klik kanan di file tersebut » pilih Open With » lalu pilih Adobe Acrobat.


Maka akan muncul tampilan file yang akan di konversi tersebut sebagai berikut:


Kedua 
Pilih menu File » lalu file Save As » lalu pilih Microsoft Word » lalu pilih Word Document.


Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Selanjuntya adalah memilih tempat dimana hasil konversi file tersebut akan diletakan atau disimpan. Kali ini saya akan menyimpannya di Folder Videos.

Maka pilih file Videos » jika kalian ingin menganti nama filenya silahkan kalian menggantinya di File Name » lalu klik Save atau Simpan.


Maka file PDF tersebut sudah terkonversi menjadi file dalam bentuk MS Word.

Ketiga
Selajutnya kalian tinggal cari Folder Videos, maka akan ada 2 jenis file dengan format yang berbeda. Pertama jenis file dengan format PDF dan kedua adalah file hasil konversi menjadi file Word.


Keempat
Untuk memastikan bahwa file tersebut benar-benar sudah berubah atau terkonversi menjadi file dengan format Word. Silahkan kalian klik 2 kali pada file dengan nama “DAFTAR HADIR PESERTA DIDIK”. 

Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:


Pada gambar di atas File PDF tersebut berhasil di konversi menjadi file dengan format MS Word.

Itulah langkah-langkah mengkonversi atau merubah format file PDF menjadi file Word dengan menggunakan Adobe Acrobat. Tidak perlu waktu lama kalian dapat mencobanya sendiri dengan mudah dan cepat.

Selamat Mencoba
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Post a comment