This Blog is protected by DMCA.com

D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Pengikut

Arsip Blog

Label

10 Sekolah Tinggi Teologi yang berlokasi di Bandung


Teologi atau kadang disebut ilmu agama adalah wacana yang berdasarkan nalar mengenai agama, spiritualitas dan Tuhan. Dengan demikian, teologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama. Teologi meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan.

Para teolog berupaya menggunakan analisis dan argumen-argumen rasional untuk mendiskusikan, menafsirkan dan mengajar dalam salah satu bidang dari topik-topik agama. Teologi memampukan seseorang untuk lebih memahami tradisi keagamaannya sendiri ataupun tradisi keagamaan lainnya, menolong membuat perbandingan antara berbagai tradisi, melestarikan, memperbarui suatu tradisi tertentu, menolong penyebaran suatu tradisi, menerapkan sumber-sumber dari suatu tradisi dalam suatu situasi atau kebutuhan masa kini, atau untuk berbagai alasan lainnya.

Kata 'teologi' berasal dari bahasa Yunani koine, tetapi lambat laun memeroleh makna yang baru ketika kata itu diambil dalam bentuk Yunani maupun Latinnya oleh para penulis Kristen. Karena itu, penggunaan kata ini, khususnya di Barat, mempunyai latar belakang Kristen. Namun, pada masa kini istilah tersebut dapat digunakan untuk wacana yang berdasarkan nalar di lingkungan ataupun tentang berbagai agama. Di lingkungan agama Kristen sendiri, disiplin teologi melahirkan banyak sekali sub-divisinya.

Dalam gereja Kristen, teologi mula-mula hanya membahas ajaran mengenai Allah, kemudian artinya menjadi lebih luas, yaitu membahas keseluruhan ajaran dan praktik Kristen. Dalam upaya merumuskan apa itu ilmu teologi, maka ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan, yaitu tidak akan ada teologi Kristen tanpa keyakinan bahwa Allah bertindak atau berfirman secara khusus dalam Yesus Kristus yang menggenapi perjanjian dengan umat Israel.

Pada Abad Pertengahan, teologi merupakan subyek utama di sekolah-sekolah universitas dan biasa disebut sebagai "The Queen of the Sciences". Dalam hal ini ilmu filsafat merupakan dasar yang membantu pemikiran dalam teologi.

Secara umum, program studi Teologi mempelajari dan menganalisa berbagai teori agama secara rasional untuk dapat diterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih mudah serta dapat disesuaikan dengan zaman. Teologi menjadikan para mahasiswanya untuk berpikir kritis tentang sebuah ayat pada kitab dan pelaksanaannya di zaman sekarang. Untuk saat ini, program studi S1 Teologi yang ada di Indonesia secara khusus mengkaji mengenai ilmu agama Kristen.

Program studi ini cocok untuk kalian yang ingin mendalami agama dengan cara mengkaji ayat-ayat agama secara rasional dan mengaitkanya dengan kehidupan sehari-sehari. Belajar di program studi Teologi pastinya juga akan memperluas pemahamanmu akan sebuah agama.

Kesempatan karier para sarjana teologi bisa terbuka sebagai pekerja gereja, dosen, diaken di paroki atau lembaga keagamaan, editor di penerbitan religi, guru agama, staf di gereja atau agensi keagamaan, jurnalis teologi.

Satu hal yang perlu dipahami adalah, mendalami teologi berarti kita harus memiliki passion untuk mejalani hidup sebagai teologis. Kita pun memiliki kesempatan untuk memengaruhi banyak orang.

Berikut adalah 10 Sekolah Tinggi Teologi yang berlokasi di wilayah Bandung Raya:

1. Sekolah Tinggi Teologi Bandung

Sekolah Tinggi Teologi Bandung didirikan oleh Rev. Caleb Tong, Pdt. Joseph Tong & Alm. Pdt. Dorothy I. Marx pada tahun 1992. Berlandaskan teologi Reform yang dinamis dan kontekstual, STT Bandung bertujuan membantu orang Kristen mengenal Allah lebih mendalam dan memperlengkapi mereka untuk melayani Kristus secara efektif khususnya di area perkotaan di segala bidang baik gereja, misi, pendidikan, keluarga dan marketplace.

Melalui pendidikan jenjang S1 dan S2 yang terbuka bagi semua kalangan, STT Bandung menempatkan Kristus serta otoritas Alkitab sebagai dasar seluruh kurikulum. Karena itu, segenap dosen dari dalam & luar negeri memiliki komitmen untuk mencapai & menjaga standar akademik yang tinggi dalam mengajar, menulis, & riset untuk membentuk para Pastor Scholar.

STT Bandung didirikan dengan tujuan utama untuk membantu orang Kristen mengenal Allah secara lebih mendalam dan melengkapi mereka untuk melayani Kristus secara lebih efektif. Oleh karena itu, STT Bandung menyajikan pendidikan dan pelatihan untuk pelayanan yang lebih serius dan realistis, agar iman setiap lulusan dibangun berdasarkan pengenalan yang mendalam terhadap Alkitab, serta terdorong untuk menumbuh kembangkan pelayanan Tuhan di segala bidang.

Dengan kata lain, untuk mendidik orang Kristen yang terpanggil menjadi gembala/pendeta, penginjil, pengajar, pengerja gereja dan pelayan Tuhan. STT Bandung menempatkan Yesus Kristus dan ketuhanan-Nya serta otoritas Alkitab sebagai dasar bagi seluruh kurikulum. Karena itulah, segenap dosen mempunyai komitmen untuk mencapai dan menjaga standar akademik yang tinggi dalam mengajar, menulis, dan riset.

STT Bandung menekankan pentingnya pendidikan profesional. Mahasiswa dididik supaya kehidupan rohaninya meningkat. Suasana belajar dalam kampus dan kehidupan sehari-hari diarahkan, agar mahasiswa memiliki kesadaran dan disiplin bersekutu dengan Tuhan serta interaksi yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan Alkitab dan teologis, tapi juga dituntut untuk mengembangkan pola kehidupan yang praktis dan berdisiplin, supaya dapat melayani secara efektif.

Mahasiswa dididik untuk memiliki nilai-nilai dan norma-norma Kristiani. Mahasiswa diarahkan untuk bertumbuh menjadi pribadi yang dewasa dalam kehidupan sehari-hari dan pelayanannya. Keempat, mahasiswa dibina agar memiliki wawasan yang luas dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang pelayanan yang bersifat nasional.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai STT Bandung ini kalian bisa datang langsung ke alamat kampus STT Bandung yang berlokasi di Jln. Dr. Junjunan No. 105 Bandung, Jawa Barat 40173 atau juga mengakses kontak berikut:

Website: http://sttb.ac.id
e-mail: info@sttb.ac.id
Telp/Faks: (+62)22 601-6454/(+62)22 607-7921
Kontak WA: (+62)815-7336-0009

2. Sekolah Tinggi Teologi Inti Bandung

Sekolah Tinggi Teologi INTI didirikan pada tanggal 4 Februari 1991 oleh Yayasan Pelayanan Kristen Masa Depan Cerah. Tujuan awal dari pendirian Sekolah Tinggi Teologi INTI ialah mempersiapkan tenaga pelayan Tuhan dalam perintisan jemaat yang berkonteks pelayan urban (perkotaan).

Program pendidikan di Sekolah Tinggi Teologi INTI diselenggarakan dengan memperhatikan:
  1. Kualitas akademis yang berbobot tinggi.
  2. Pembinaan kehidupan rohani yang dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Keterampilan pelayanan yang mampu menjawab kebutuhan jemaat.
Pada awalnya, program pendidikan yang diselenggarakan adalah program Diploma Dua (D-2) dalam bidang misi. Angkatan pertama peserta program pendidikan tersebut berjumlah 11 mahasiswa, yang terdiri atas 7 mahasiswa dan 4 mahasiswi. Program D-2 ini berjalan sampai tahun 1997.

Selama enam tahun tersebut, alumni Sekolah Tinggi Teologi INTI telah tersebar hamper di seluruh propinsi di Indonesia dan telah merintis atau menggembalakan puluhan jemaat lokal.

Seiring dengan peningkatan tuntutan pelayanan dan kualitas infrastruktur pendidikan, Sekolah Tinggi Teologi INTI senantiasa mengembangkan program-program pendidikan baru. Pada tahun 1997, Sekolah Teologi INTI mulai menyelenggarakan program Strata Satu (S-1) dengan jurusan Misi dan Pastoral.

Pada tahun 1999, Sekolah Tinggi Teologi INTI mengembangkan program pendidikan bagi para perintis jemaat untuk suku-suku yang terabaikan (unreached people group). Program tersebut diberi nama Sekolah Pelatihan dan Penyiapan Penuai (SP-3). Dalam lima tahun terakhir, lebih dari 180 peserta program pendidikan SP-3 telah tersebar dalam pelayanan di berbagai daerah di Indonesia.

Melihat perlunya para hamba Tuhan di daerah untuk memperoleh pendidikan teologi yang baik, sedangkan pada saat yang sama mereka mengalami kesulitan untuk meninggalkan wilayah pelayanan dalam jangka waktu yang lama, maka pada tahun 1999, Sekolah Tinggi Teologi INTI menyelenggarakan program studi jarak jauh (ekstensi) dengan jurusan Pastoral. Jenjang pendidikan bagi program tersebut adalah Diploma Tiga (D-3). Alumni pendidikan program Ekstensi dapat melanjutkan ke program S-1 dengan memenuhi ketentuan-ketentuan akademis yang berlaku untuk hal itu.

Pada tahun 2001, Sekolah Tinggi Teologi INTI membuka program pendidikan pelayanan anak (Pendidikan Agama Kristen) yang berjenjang Diploma Satu (D-1). Program ini dibuka karena melihat tuntutan pelayanan bagi anak-anak dalam jemaat yang semakin memerlukan penanganan yang serius, sedangkan penyiapan guru sekolah minggu dirasa belum cukup memadai. Program ini diharapkan mampu menghasilkan para pembina anak-anak atau guru sekolah minggu yang cakap dan memiliki pengetahuan teologis yang berbobot.

Pada tahun 2004, Sekolah Tinggi Teologi INTI sekali lagi melakukan terobosan baru dengan membuka program pendidikan Kepemimpinan Kristen yang berjenjang Strata Dua.

Pada tahun 2008, Sekolah Tinggi Teologi INTI menampung aspirasi yang menginginkan diadakannya perkuliahan bagi para profesi yang ingin melayani Tuhan dan meningkatkan wawasan dalam kepemimpinan. Untuk itu dibukalah program Sarjana (S1) Christian Leadership.

Berdasarkan hasil rapat evaluasi Institut Teologi Indonesia (INTI) yang diadakan di Lembang, Bandung Barat pada tanggal 1-2 Juli 2005 yang dihadiri oleh Rektor, Pembantu Rektor I, II, dan III, dosen, pengurus Yayasan, Gereja Pengguna, dan alumni menghasilkan draft visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi. Draft tersebut kemudian di sempurnakan oleh tim kelompok kerja dan ditetapkan berdasarkan rapat dosen pada tanggal 7 Januari 2006.

Pada tanggal 31 Maret 2010 dengan menyesuaikan peraturan Sistem Pendidikan Nasional maka nama Institut Teologi Indonesia berubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi INTI yang tertuang didalam SK No: DJ.III/Kep/HK.00.5/168/2010 (Lihat lampiran S1.3 SK Dirjen).

Dengan berubahnya nama institusi tersebut, pada tanggal 20 April 2010 diadakan penyempurnaan visi dan misi Sekolah Tinggi Teologi INTI dan disahkan dalam SK Ketua STT INTI pada tanggal 27 April 2010 No: 030/SK KETUA/STT INTI/IV/2010.

Akreditasi / terdaftar pada :
  1. Kanwil Departement Agama Propinsi Jawa Barat, SK No. wi/BP/030/ket/30/1991.
  2. Persekutuan Antar Sekolah Tinggi Teologi Injili (PASTI), SK No. 025/Bp PASTI/00
  3. SK Mentri Agama Republik Indonesia, No. 358 Tahun 2001
  4. Program Sarjana Teologi : SK Bimas Kristen No. DJ.III/Kep/HK.00.5/168/2010
  5. Program Magister Artium : SK Dirjen Bimas Kristen No. DJ.III/Kep/HK.00.5/419/2012
Informasi lebih lengkap mengenai Sekolah Tinggi Teologi Inti Bandung:

Alamat: Jl. Pajagalan No 83A, Nyengseret, Astanaanyar, Kota Bandung Jawa Barat 40241 Indonesia.
Website: https://sttinti.ac.id
E-mail: aripin332@gmail.com
Telp/Faks: +62 22 522 2786/+62 22 522 0978

3. Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung

Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung mempunyai sejarah cukup panjang sebagai embrio lembaga pendidikan. Sejak Maret 2017, STT Baptis Bandung beralamat di Jl. Soekarno-Hatta No.762, menempati gedung yang pernah digunakan sebagai percetakan Lembaga Literatur Baptis (LLB).

Sebelumnya, STT Baptis Bandung beralamat di Jl. Wastukencana No.52, menempati gedung yang pernah dipakai oleh Misi Baptis sebagai Balai Mahasiswa Baptis (BMB). BMB sendiri sempat berfungsi sebagai tempat belajar dan perpustakaan dengan suasana kondusif bagi mahasiswa dari luar daerah.

Oleh karena semakin berkurangnya minat para mahasiswa untuk belajar di BMB, akhirnya balai ini ditutup. Kemudian atas prakarsa Gabungan Gereja-gereja Baptis Indonesia Badan Pengurus Daerah Jawa Barat (GGBI BPD Jabar) dibentuklah Yayasan Perguruan Tinggi Baptis Indonesia (YPTBI) untuk melanjutkan misi BMB yang mengarah kepada berdirinya Universitas Baptis Indonesia (UBI), sesuai amanat kongres GGBI tahun 1985.

Di bawah pengelolaan YPTBI dirintislah Lembaga Pendidikan Manajemen Baptis (LPMB), sebagai batu loncatan untuk pendirian UBI. Kemudian, berdasarkan keputusan pemerintah yang melarang perguruan tinggi program jarak jauh (ekstensi), maka ekstensi di Bandung sejak triwulan terakhir 1992 dikukuhkan menjadi Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung yang berafiliasi dengan Seminari Teologi Baptis Indonesia (STBI), Semarang.

Selanjutnya, setelah mendapat izin operasional dari Departemen Agama tahun 2005, setahun kemudian STT Baptis Bandung berdiri sendiri untuk menyelenggarakan program strata satu (S-1) Teologi dan Pendidikan Agama Kristen terlepas dari Semarang dengan penyelenggara Yayasan Baptis Indonesia yang berkedudukan di Jakarta (Terdaftar No.27/J/1969 dan Akta Pendirian: Berita Negara No 49 tanggal 17 Juni 1980. Daftar ulang Departemen Agama RI dengan S.K. DirJen Bimas Kristen (Protestan) No.184 tahun 1991 tanggal 7 November 1991.

Kemudian sejalan dengan perkembangan pendidikan, STT Baptis Bandung mendapat penilaian pula dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam menyelenggarakan pendidikan baik strata satu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen maupun Program Magister Pendidikan Agama Kristen dan Magister Teologi serta Program Doktoral izin operasional DJ.III/Kep/HK.005/676/2011.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung:

Alamat: Jl. Soekarno-Hatta No. 762, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614
Website: http://sttbaptisbandung.ac.id
E-mail: info@sttbaptisbandung.ac.id
Telp: 022-6372-6855
Kontak WA: 0859-7477-4752

4. Sekolah Tinggi Teologi Saint Paul Bandung

Pada awal tahun 1990 Revd Yopie Buyung memperoleh keyakinan dari Tuhan Yesus untuk memperlengkapi kaum awam di kota Bandung dalam rangka menyebarluaskan Injil Yesus Kristus melalui lembaga Pelayanan Pemuridan Injil Indonesia ( LPPII). Pelatihan yang disambut baik oleh kaum muda maupun kaum intelektual muda yang pada akhirnya mengambil bagian dalam penginjilan. Selain di kota Bandung, sebagian besar alumni LPPII mengambil peran dalam pelayanan kembali ke gereja di berbagai daerah di Indonesia.

Sejalan dengan gagasan memuliakan nama Tuhan melalui lembaga pendidikan formal, kemudian pada akhir tahun 1990-an Revd Yopie Buyung dan ibu Hertina Soerjaman melihat adanya keterbukaan pelayanan gereja dalam bidang konseling. Bersamaan dengan itu,diadakan juga pelatihan di bidang konseling bagi orang tua dan kaum muda, aktivis gereja maupun kaum awam lainnya yang berminat pada bidang konseling yakni Pusat Pendidikan Konseling Kristen (PPKK). Tujuannya adalah melibatkan dan menyiapkan sebanyak mungkin pekeja dalam melaksanakan amanat agung Tuhan Yesus Kristus dan pebangunan tubuh Kristus.

Awal tahun 2000, Revd Yopie Buyung, Hertina Soerjaman dan Sostenes Nggebu merumuskan sebuha formula mutu pendidikan dan pelayanan yang terintegrasi, antara Teologi dengan ilmu lainnya. Maka pada tahun 2003 terbentuklah Sekolah Tinggi Teologi dengan program studi teologi dan bidang minat Konseling.

Sekolah Tinggi Teologi Saint Paul, terinspirasi dari iman dan pelayanan rasul Paulus , yang bukan hanya sekedar mengajar mentransfer ilmu namun juga memberi kekuatan serta penghiburan melalui nasihat yang memotivasi jemaat untuk semangat berjuang menuju kesempurnaan dalm iman pada Tuhan Yesus Kristus.

Sekolah Tinggi Teologi Saint Paul disingkat menjadi STT SP berada dibawah naungan Yayasan Soteria Terpadu dan dukungan penuh dari Gereja Anglikan Indonesia (GAI).

STT SP telah mengalami jatuh bangun dan jalan yang berliku sejak tahun 2003 dengan berbagai hambatan dan kendala dalam hal manajemen, sumber daya manusia maupun situasi konsidi sosial masyarakat . Maka jika sampai saat ini, tahun 2019 STT SP masih terpelihara dan terlindungi dalam perjalanan pelayanannya, itulah anugerah sekaligus bukti bahwa Tuhan masih memakai STT SP untuk menjadi berkat untuk menggenapi rencanaNya. dan alat untuk pekerjaan kemuliaanNya.

Informasi selengkapnya mengenai Sekolah Tinggi Teologi Saint Paul:

Kampus 1:
Beralamat di Jl. Baranangsiang No. 8 ITC Kosambi Blok D3, Bandung, Jawa Barat 40112
Telp: 022 2054 5076

Kampus 2:
Beralamat di Jl. Purbasari No. 3 Sangkuriang, Cimahi, Jawa Barat 40511
Telp: 022 6650 982
Kontak WA: 0815 730 8411
Website: https://sttsaintpaul.ac.id atau http://www.sttsp-anglikan.ac.id

5. Sekolah Teologi Mitra Bandung

Sekolah Tinggi Teologi Mitra adalah hadiah dari Tuhan melalui visi yang Tuhan berikan kepada Pdt. Dr. Yudy B. Wardojo, M.Th. sejak tahun 2005-2011 ketika melakukan pelayanan misi ke desa-desa di Kepulauan Mentawai, Kerinci, Way Kambas, Serang, Sumedang, Tasikmalaya, Cilacap, Banyumas, Gunung Kidul, Banjarmasin, Martapura, Kutai, Banggai Kepulauan, Poso, dan Morowal.

Pdt. Dr. Yudy B. Wardojo, M.Th sangat tergerak penuh belas kasihan karena banyak gereja yang tidak memiliki pendeta tetapi hanya ketua jemaat saja. Maka bermula dengan itulah timbul dalam hatinya suatu ketika kelak, jika Tuhan berkenan, ia ingin mendirikan STT yang merekrut sebanyak mungkin anak muda dari desa-desa di seluruh Indonesia untuk diperlengkapi menjadi hamba Tuhan yang siap untuk kembali ke desa.

Sekolah Tinggi Teologi Mitra, didirikan di bawah naungan Yayasan Mitra Kasih Sejati (YMKS) di Bandung dalam rapat Yayasan dihadiri oleh Dewan Pendiri yaitu Pdt. Yudy B. Wardojo, M.Th., Pdt. Donal L. Simatupang, Ketua Ibu Angelia Halim, SE., Bendahara Pdt. Hans Louwe, Sekretaris Pdt. Ronny Marbun, dan Pengawas Bpk. Gunardi Orianto pada tanggal 24 April 2011 di Jl. Ratna No. 2, Bandung.

Sekolah Tinggi Teologi Mitra hadir untuk memperlengkapi umat Tuhan yang terpanggil menjadi rohaniwan atau pendeta dengan ketrampilan pelayanan dalam kerangka pelayanan holistik sehingga mereka akan siap menjadi hamba Tuhan yang melakukan pelayanan misi meski tanpa upah dengan menjadi seorang “tentmaker” (Kisah Para Rasul 18:3).

Informasi selengkapanya mengenai Sekolah Tinggi Teologi Mitra Bandung:

Alamat: Ds. Sumur Bandung, Kec. Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat
Alamat Surat/Kontak: Wisma Monex Lt. 9, Jl. Jend.Sudirman No. 133-137 Bandung 40112
Website: https://sttmitra.ac.id
E-mail: stt.mitra@yahoo.om
Telp: +6281266558389; +62811238112.

6. Sekolah Tinggi Teologi Kharisma

Sekolah Tinggi Teologi Kharisma berdiri sebagai jawaban atas pesatnya perkembangan pelayanan di Indonesia, serta meningkatnya kebutuhan akan hadirnya hamba-hamba Tuhan yang memiliki pemahaman teologi yang komprehensif serta aplikasinya dalam hidup dan pelayanan.

Didirikan tahun 1994 di Tasikmalaya dengan nama Sekolah Teologi Praktika (STP), lalu berubah menjadi STT INTEL, dan saat ini bermetamorfosa menjadi Sekolah Tinggi Teologi (STT) Kharisma yang berkedudukan di Bandung, Jawa Barat. Pendiri dan Pembina STT Kharisma adalah Pdt. DR. Julius Ishak Abraham sedangkan Ketua STT Kharisma adalah Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham. STT Kharisma telah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia dan terakreditasi BAN-PT.

STT Kharisma mengemban tugas dan fungsi Perguruan Tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam bidang pendidikan tinggi teologi yang berada dalam pembinaan dan pengelolaan Yayasan Gamalia. STT Kharisma juga bermitra dengan Pelayanan Misi Berkat dari GBI Bethel sehingga memiliki program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan atau kurang mampu.

Hingga kini, sudah ratusan mahasiswa/mahasiswi yang telah dididik dan dilatih untuk menjadi hamba Tuhan yang militan di STT Kharisma sejak tahun 1994. Para mahasiswa/mahasiswi tersebut berasal dari Sabang sampai Merauke, datang untuk dibentuk dan dididik di STT Kharisma Bandung. Para alumni tersebar untuk melayani di berbagai bidang pelayanan baik perintisan, pengembangan gereja, sekolah maupun terjun dalam pemerintahan di Indonesia.

Informasi selengkapnya mengenai Sekolah Tinggi Teologi Kharisma:

Alamat: Jl. Mekar Laksana No. 8, Komp. Mekar Wangi, Bandung, Jawa Barat 40237
Website: https://sttkharisma.ac.id
Telp: 022-5225785
Kontak WA: 0812-10079995

7. Sekolah Tinggi Teologi Alkitab Tiranus

Menyibak sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus, bagaikan menyimak serial kisah keajaiban Tuhan. Tuhan memberi kepastian berdirinya Tiranus sampai hari ini dan Dia pulalah menjadi andalan pelayanan Tiranus. Berdirinya Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus tidak lepas dari mandat agung Tuhan Yesus (Mat.28:19-20) dan konteks di Jawa Barat.

Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus sebagai perguruan tinggi teologi Injili-Alkitabiah adalah yang pertama di Bandung, bahkan yang pertama di Jawa Barat yang menyelenggarakan program pasca sarjana. Kini di Bandung apalagi Jawa Barat telah berdiri cukup banyak kampus pendidikan teologi. Hal ini menunjukan betapa gairah pelayanan rohani mengalami peningkatan.

Adalah sepasang suami istri Prof. Dr. W.Stanley Heath dan ibu Adeleide Heath-Jhonson yang datang dari Amerika Serikat. Mereka datang ke Bandung pada 17 Oktober 1961. Kemudian bersama Ir. Gerrit Johan Tiendas, pada tahun 1966, yang memiliki keyakinan dari Tuhan untuk memulai suatu pelayanan pelatihan dan penginjilan pribadi secara lebih teratur di Bandung. Lewat pergumulan doa, mereka yakin nama untuk pelayanan itupun Tuhan yang menunjukannya.

Nama Tiranus terambil dari nast Alkitab Kisah Para Rasul 19:9. Pada mulanya nama resminya adalah Institut Tiranus, dan motonya Sumber Berita Injil. Tetapi pada 7 Januari 2010 bentuk dan nama lembaga ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus.

Prof. Dr. Stanley Heat, yang akrab disapa dengan “Pak Heath” adalah seorang Profesor berkebangsaan Amerika Serikat. Beliau dikirim dari Kentucky Team di ITB. Sedangkan Pak Tiendas adalah seorang putera pendeta yang saat itu berstatus sebagai mahasiswa ITB. Keduanya telah memulai kegiatan latihan penginjilan pribadi sejak tahun 1963. Inilah yang jadi cikal bakal Tiranus.

Pada 12 Juli 1966 Institut Tiranus diresmikan dan Kampus Pertama di Jl. Cihapit 33, Bandung menumpang dirumah pendiri (1966-1971). Kampus Kedua di jalan R.E Martadinata 73 (1971-1974). Kampus Ketiga di jalan Supratman 33, Bandung (1974-1976). Di kampus inilah Tiranus memulai program sarjananya, yaitu pada tahun 1974. Dua wisudawan perdana pada program ini adalah Purnawan Tenibemas dan Pdt. Timothy Yoshua.

Kampus keempat di jalan Damar, Bandung (1976-1988) dikampus inilah pertama kali mahasiswa diasramakan. Kampus kelima, di desa Cihanjuang, Km 5.2, Kecamatan Parongpong, Kabapaten Bandung Barat (1988 – sampai sekarang). Perjalanan dari Kampus pertama hingga Kampus yang terakhir adalah serial kisah keajaiban Tuhan.

Pada awal didirikan Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus hanya menyelenggarakan Program Diploma dan Sarjana Teologi. Lalu kemudian diselenggarakan program pascasarjana. Program pascasarjana Master of Divinity dan Master of Arts. Seiring dengan perkembangannya maka Tiranus telah menyelenggarakan Program Magister Teologi dan Program Doktor Teologi. Dan terus menerus berkembang hingga saat ini.

Informasi selengkapnya mengenai Sekolah Tinggi Teologi Alkitab Tiranus:

Alamat: Jl. Cihanjuang KM 5.2, Desa Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, 40010
Website: http://tiranus.ac.id
E-mail: stat@tiranus.ac.id
Telp (022) 6658354

Kontak WA:
Rio Marbun: 0812-8188-7092
Rina: 0877-3657-9001

8. Sekolah Tinggi Teologi Kalam Mulia

Sekolah Tinggi Teologi Kalam Mulia Bandung berada di bawah naungan Yayasan Kristen Kalam Mulia dan didirikan pada Tanggal 3 Desember 2012, yang beralamat jalan Cibadak Gang Nyi Empok Nomor 3 Bandung. Tidak terlalu banyak informasi mengenai STT Kalam Mulia Bandung ini, namun jika kalian masih penasaran dengan keberadaannya kalian bisa datang langsung ke lokasi kampusnya.

Alamat: Jl. Cibadak No. 3, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241
Website: https://sttkalammulia.com
Telp: (022)93373736

9. Sekolah Tinggi Teologi Misi Indonesia Bandung

Sekolah Tinggi Teologi Misi Indonesia Bandung berlokasi di Jl. Cikutra Barat No.1-F, Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40123. Tidak begitu banyak informasi mengenai STT Misi Indonesia Bandung ini. Untuk informasi selengkpnya kalian bisa datang langsung ke alamat Kampusnya atau bisa menghubungi nomor Telphone: (022) 2509239

10. Sekolah Tinggi Teologi Misi Tuaian Semesta Bandung

Sekolah Tinggi Teologi Misi Tuaian Semesta Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi Teologi Swasta yang telah beridiri sejak 1 Januari 2001 , kampus ini beralamat di Jl. Kolonel Masturi No. 661 Ds. Jambudipa, Kec. Cisarua, Bandung, Jawa Barat, 40551

Untuk informasi selengkapnya mengenai Sekolah Tinggi Teologi Misi Tuaian Semesta Bandung kalian bisa datang langsung ke alamat kampusnya atau bisa menghubungi nomor Telphone: (022) 2700367 juga bisa melalui email dengan alamat: stt_mts@yahoo.com.
Related Posts
Terbaru Lebih lama
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

1 komentar

  1. Dulu pernah ada kajian di Al-Furqon UPI
    Yg ngisi gelarnya Sth.. tp kok ustad itu gmn ya?

    BalasHapus