Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teladan Itu Pernah Ada

Korupsi kian menjadi dan seolah berakar sangat dalam. Begitulah kesan yang timbul saat kita mengamati berbagai kasus korupsi yang demikian marak di negeri ini. Pada satu titik, timbul pertanyaan menggelitik. 

Adapakah korupsi ini merupakan budaya bangsa Indoneisa yang diwariskan para pendahulu kita? Apakah korupsi itu adalah warisan sejarah? Apakah kita memang anak cucu para koruptor? Untuk menjawabnya, marilah menengok sejarah. Di sana tercatat dengan rapih bahwa bangsa ini memiliki sosok-sosok atau tokoh-tokoh pendiri yang memiliki integritas tinggi terhadap pemberantasan korupsi.
 
Mereka memiliki karakter dan jiwa pejuang, disiplin, jujur, berdedikasi, dan antikorupsi. Dalam artikel ini dan yang akan dipublikasikan selanjutnya, akan diuraikan bagaimana kisah para tokoh bangsa dengan integritas tinggi itu tatkala dihadapkan pada pilihan antara kepentingan negara dan kepentingan pribadi atau keluarga. 

Ibarat jus jeruk yang demikian menyegarkan saat kita berada di gurun, seperti itu pula kisah mereka bagi kita yang hidup pada zaman penuh kasus korupsi ini. Para tokoh yang diangkat kisahnya dalam artikel ini dan selanjunya memilih hidup sederhana bukan karena tidak mampu, bukan pula karena tidak bisa kaya. 
 
Mereka memilih opsi itu karena fokus dalam menjalankan amanat rakyat, bukan fokus memperkaya diri. Menjadi abdi negara dan rakyat bukan berarti mencari kehidupan dengan memanfaatkan kekayaan negara dan rakyat. 
 
Menoleh pada deretan tokoh yang ada di buku ini, kita patut menarik napas lega dan berbangga hati. Setidaknya, mereka membuktikan bahwa negeri ini pernah memiliki pemimpin-pemimpin yang amanah, jujur, sederhana, dan sangat bertanggung jawab. 
 
Mereka adalah fakta bahwa bangsa kita tidaklah memiliki budaya korupsi sejak dahulu. Dari mereka, kita bisa optimistis, menjadi pribadi berintegritas dan amanah bukanlah kemustahilan bagi kita. Persoalannya,

maukah kita meneladani jejak langkah mereka?

Bangsa yang besar adalah bangsa yang meneladani
integritas para tokoh bangsanya.

Sumber: 

https://aclc.kpk.go.id

Orange Juice for Integrity

Posting Komentar untuk "Teladan Itu Pernah Ada"