D0MLSKs3HUAY5JANnDpgOuWdyVfOIVZqDnS7zqVx

Tentang Saya

Foto Saya
Do it before it is too late.

Kegiatan Membersihkan Kelas | SM-3T | SD Inpres Biopis

Guru SM3T, Pak Yogi dan Pak Ridwan bersama Seluruh Peserta Didik SD Inpres Biopis saat membersihkan ruangan kelas masing-masing. | Dokumentasi 9 Januari 2017.
Tidak hanya sekolah-sekolah yang berada di kota yang sering melaksanakan kegiatan membersihkan kelas, akan tetapi kami juga sekolah-sekolah yang berada di Pedalaman. Kegiatan membersihkan kelas ini merupakan hal biasa yang sering dilakukan peserta didik bersama wali kelasnya masing-masing. Kegiatan bersih-bersih kelas di SD Inpres Biopis ini sering dilakukan ketika musim penghujang. SD Inpres Biopis sendiri merupkan sekolah dengan bangunan yang cukup luas, ada setidaknya 3 gedung milik SD Inpres Biopis sendiri.

Satu gedung memiliki tiga ruangan kelas jadi SD Inpres Biopis total memiliki sekitar sembilan ruangan kelas. Namun hanya 2 Gedung saja yang masih kokoh untuk di gunakan proses kegiatan belajar-mengajar, satu gedung laginya rusak parah dan sudah miring seperti akan rubuh. Dalam kegiatan bersih-bersih kelas ini tentunya kami mengerahkan seluruh peserta didik dari kelas I sampai dengan kelas VI agar kegiatan ini cepat selasai.

Perlu diketahui peserta didik kami semunaya ke sekolah tidak memakai alas kaki baik sepatu maupun juga sandal tapi bertelanjang kaki. Artinya tentunya mereka jika hadir kesekolah kaki mereka sudah pasti akan membawa kotoran baik tanah maupun lumpur. Apalagi saat musim penghujan sudah pasti mareka jika jalan kakai kesekolah akan melewati tanah atau lumpur yang becek, sehingga sudah pasti kaki mereka akan sedikitnya kotaran dari hasil menginjak tanah basah dan lumpur tersebut. Itulah alasan mengapa kami melakukan kegitan bersih-bersih kelas di musim penghujan.

Kelas kotor bukan karena sampah, tapi karena tanah dan lumpur yang terbawa oleh kaki setiap peserta didik ke kelas. Tidak ada sampah plastik di SD Inpres Biopis karena tidak ada kantin, peserat didik SD Inpres Biopis tidak mengenal istilah jajan dan sebagainya. Kalaupun ada sampah saya pastikan itu sampah kertas dari buku peserta didik. Untuk membersihkan sampah kertas sediri cukup mudah tidak perlu membutuhkan banyak orang. Setiap peserta didik hanya tinggal membuang sampah pada lubang yang telah disediakan oleh sekolah.

Untuk membersihkan ruangan kelas dengan cara mengepel lantai inilah harus membutuhkan banyak orang, sehingga seluruh peserta didik kami wajibkan untuk hadir dan ikut serta dalam bersih-bersih kelas ini. Setiap kelas diwajibkan untuk membawa ember, lap, gayung serta sapu lidi. Kegiatan mengepel lantai kelas ini tentunya membutuhkan air yang lumayang banyak, air yang kami gunakan untuk mengepel lantai kelas ini berasal dari kali potong yang terletak di sebelah utara gedung SD Inpres Biopis. Jaraknyaa tidak jauh sekitar 10-20 meneter dari kelas.

Kegitan mengepel kelas yang dilakukan oleh peserta didik peremuan SD Inpres Biopis | Dokumentasi 9 Januari 2017.
Peserta didik laki-laki bertugas untuk mengambil air dengan perlengkapan yang sudah mereka bawa, sementara peserta didik perempuan bertugas untuk mengepel kelas dengan menggunakan lap dan sapu lidi yang telah mereka bawa dari rumah masing-masing. Peserta didik silih bergantian mengambil air serta mengepel lantai sehingga untuk membersihkan enam ruangan kelas tidak memakan waktu yang cukup lama. Kami hanya membutuhkan waktu sekitar 2 Jam saja.

Seperti pepatah “pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan jika dikerjakan bersama”. Semua peserta tidik terlihat kompak dalam kegiatan bersih-bersih ruangan kelas ini, silih bergantian dan saling membantu antar peserta didik dan antar kelas. Kegiatan bersih-bersih kelas ini jika di jadwalkan dilakukan setiap hari Sabtu di minggu terakhir setiap bulannya. Jika intensitas dan curah hujan sangat tinggi tentunya kegiatan bersih-bersih kelas ini akan sering dilakukan dalam setiap bulannya.
Related Posts
Muhamad Yogi
Do it before it is too late.

Related Posts

Posting Komentar